Dunia Hewan: Lebah Sosial Tempuh Jarak Lebih Jauh untuk Cari Makanan

By Wawan Setiawan, Sabtu, 19 November 2022 | 16:00 WIB
Lebah madu dengan serbuk sari pada bunga matahari. Francisca Segers. lebah sosial akan menempuh jarak yang lebih jauh untuk mencari makan, menurut studi dunia hewan terbaru. (Francisca Segers)

Nationalgeographic.co.id - Lebah sosial seperti lebah madu dan lebah lainnya. Ia memiliki rentang mencari makan yang lebih besar, menurut para peneliti dunia hewan di University of Bristol. Mengapa hal ini mereka lakukan? Mengapa mereka mencari makan dengan menempuh jarak yang begitu jauh?

Temuan yang dipublikasikan 17 November di jurnal Current Biology, menunjukkan bahwa lebah sosial menjelajah lebih jauh untuk serbuk sari dan nektar. Hal ini memiliki implikasi untuk memprediksi layanan penyerbukan dan untuk menciptakan strategi konservasi yang efektif untuk lebah juga tanaman. Makalah hasil studi tersebut diberi judul “Sociality is a key driver of foraging ranges in bees.”

Lebah sosial menempuh jarak yang lebih jauh sebagai akibat dari beberapa ciri yang meliputi ukuran tubuh, ukuran koloni, komunikasi, dan bunga favorit.

Lebah yang lebih besar memiliki rentang mencari makan yang lebih besar pula. Mereka memiliki sayap yang lebih besar dan dapat terbang lebih cepat sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menempuh jarak yang lebih jauh.

Lebah dari koloni yang lebih besar akan mengalami lebih banyak persaingan dari saudara perempuan mereka jika mereka tetap dekat dengan sarang sehingga mereka perlu melakukan perjalanan lebih jauh untuk menghindari ‘kemacetan’.

Banyak lebah sosial telah mengembangkan berbagai jenis metode komunikasi. Hal ini memungkinkan lebah pekerja yang telah menemukan spesies bunga yang sangat berharga untuk memberi tahu saudara perempuan mereka tentang penemuan mereka. Akibatnya, lebih banyak lebah akan memiliki preferensi untuk jenis bunga yang sama.

Lebah madu ini dipasangi transponder oleh peneliti dunia hewan untuk melacak pergerakan mereka. (Christoph Grueter)

Selain itu, lebah sosial juga cenderung mengunjungi satu jenis bunga selama perjalanan mencari makan mereka. Bunga favorit berarti bahwa lebah mengabaikan pilihan alternatif yang layak karena mereka hanya fokus pada sebagian dari semua bunga yang tersedia. Ini memaksa mereka untuk melakukan perjalanan lebih jauh untuk menemukan bunga yang mereka sukai.

Lebah sosial adalah salah satu penyerbuk terpenting, tetapi mereka juga spesies yang terancam. Temuan ini berimplikasi pada perlindungan mereka dan konservasi tanaman langka yang mereka serbuki.

 Baca Juga: Dunia Hewan: Spesies Baru Lebah Ini Memiliki 'Moncong' Seperti Anjing

 Baca Juga: Dunia Hewan: Selain Warna, Lebah Gunakan Pola untuk Menemukan Bunga

 Baca Juga: Begini Susahnya Lebah Membuat Madu, Apakah Boleh Kita Mengambilnya?