Inilah Ares, Dewa Perang Penuh Nafsu yang Dibenci Para Dewa Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 30 November 2022 | 15:00 WIB
Dewa Ares. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Ares, dewa perang, memiliki reputasi buruk di mitologi Yunani. Rasa hausnya yang tak terpuaskan akan kekerasan dan pertumpahan darah membuatnya ditakuti oleh makhluk fana dan dibenci oleh sesama dewa.

Zeus, ayahnya, juga tidak terlalu menyukainya. Dia lebih memilih putrinya Athena, dewi peperangan, kebijaksanaan, dan keberanian. Jadi, bagaimana kisah Ares dalam mitologi Yunani?

Kisah cinta bersama Aphrodite

Mayoritas dewa tak menyukai Ares, namun ada seorang dewi yang tertarik pada gayanya yang terburu nafsu dan niat jahatnya sebagai dewa perang. Namanya Aphrodite, dewi cinta dan kecantikan. Ares memiliki tubuh atletis yang sempurna dan ketampanan yang memukau. Ini sangat kontras dengan suami Aphrodite, yakni Hephaestus, dewa penempa yang tidak hanya berpenampilan kasar tetapi juga cacat.

Di mata Aphrodite, kekurangannya tak berhenti sampai di situ. Kesibukannya bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan istrinya, membangun istana yang megah hingga membuat perhiasan di bengkelnya di dalam gunung berapi Etna membuat waktu Hephaestus tersita, sehingga dewi cinta itu kehausan akan perhatian.

Suatu hari Aphrodite mendengar kedatangan Ares. Dia baru saja kembali dari salah satu penaklukannya dan berlumuran darah. Dia memandangnya sekali dan merasakan getaran di tulang punggungnya. Aphrodite menenangkan diri, berjalan ke arahnya, dan menawarkan untuk membersihkan semua darah.

Ares terkejut dengan gerakan itu. Ini adalah pertama kalinya seorang penduduk Olympus bersikap baik padanya. Ini menandai awal dari rayuan ritual Aphrodite terhadapnya. Tak lama kemudian, keduanya terlibat perselingkuhan yang melahirkan empat anak: Phobos, Eros, Deimos, dan Harmonia.

Ares dan Athena,Persaingan Saudara Kandung

Peran yang dimainkan Ares dalam mitologi Yunani agak kecil. Ini banyak hubungannya dengan Athena yang dianggap lebih unggul. Dengan demikian, kedua bersaudara itu adalah rival sengit dan selalu bersaing secara konstan.

Athena mewakili banyak hal yang dianggap tepat oleh sikap dan kepercayaan umum orang Yunani kuno. Dia adalah individu yang berpengetahuan luas yang tenang, cerdas, dan sangat ahli dalam peperangan. Maka tidak mengherankan jika dia secara alami menjadi favorit orang-orang Yunani. 

Perang Troya

Ares dalam mitologi Yunani tak jauh berkisar pada konflik. Yang paling terkenal adalah Perang Troya. Sial baginya, dia mendapati dirinya berada di sisi yang salah dari medan perang. Namun, pada awalnya, Ares cukup netral, tetapi setelah sedikit meyakinkan dari Aphrodite, dia bergabung dengan pihak Trojan.