Cek Fakta: 'Virus Zombi' Hanya Menyerang Ameba, Bagaimana Manusia?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Sabtu, 3 Desember 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi permafrost. Ada banyak virus prasejarah yang mengancam kehidupan hari ini. (Adrian Wojcik/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - 1 November 2022, berita sains digemparkan dengan kabar adanya 'virus zombi' yang menular. Virus ini terkunci di bawah tanah beku (permafrost) selama ribuan tahun silam.

Istilah 'virus zombi' ini kemudian juga diikuti oleh beberapa media kabar, bahkan menggunakan gambar tajuk zombi seperti yang dilakukan. Hal itu menyebabkan kekhawatiran akan virus zombi sebenarnya yang bisa menular, dan berdampak apokaliptik seperti di cerita fiksi.

Namun, bagaimana kebenaran dari berita ini?

'Virus zombi' yang dimaksud adalah virus kuno yang bisa hidup kembali. Pertama kali diungkapkan lewat penerlitain yang dipublikasikan di jurnal BioRxiv pada 10 November 2022, bertajuk "An update on eukaryotic viruses revived from ancient permafrost".

Penelitian itu dipimpin oleh ahli mikrobiologi French National Centre for Scientific Research Jean-Marie Alempic. Dia dan timnya melihat sampel yang dikumpulkan dari tanah beku di Siberia, Rusia. Permafrost adalah tanah yang terus membeku dalam waktu yang lama, bahkan sejak Zaman Es terakhir. Kandungan permafrost adalah mikroba asing yang beragam dan belum dijelajahi, seperti jenis ekstrofil yang mampu melalui kondisi ekstrem.

Dari sinilah, para ilmuwan dapat membangkitakan 13 virus baru yang mereka beri label 'virus zombi'. Salah satunya adalah yang bisa menular setelah 48.500 tahun dibekukan. Sehingga, virus ini hidup kembali seperti zombi—bukan virus yang menyebabkan makhluk bisa menjadi zombi.

"48.500 tahun adalah rekor dunia,” ujar Jean-Michel Claverie, tim penulis makalah ini yang merupakan seorang profesor genomik dan bioinformatika di Fakultas Kedokteran Aix-Marseille University, dalam laporan sebelumnya.

Baca Juga: 13 Virus Purba Dihidupkan Kembali dari Permafrost Siberia Kuno

Baca Juga: Waspada, Virus Monyet Lainnya dapat Berpotensi Menular ke Manusia

Baca Juga: Perubahan Iklim yang Berdampak pada Peristiwa-peristiwa Sejarah

Baca Juga: Perubahan Iklim Tidak Menimbulkan Masalah Baru, Kitalah Masalahnya

Para peneliti memeriksa virus ini, dan ternyata mampu menginfeksi Acanthamoeba (salah satu ameba yang ada di tanah, air tawar, dan habitat yang mudah ditemukan lainnya). Menurut mereka, penggunaan ameba ini adalah pilihan yang valid sebagai 'umpan virus'. Pasalnya, mereka tidak sekadar ada di mana-mana, tetapi juga ada di kondisi lain seperti hidroterapi, sistem pendingin, ventilator, dan unit perawatan intensif.