Fosil Pterodaktil Tertua Berusia 155 Juta Tahun Ditemukan di Bavaria

By Ricky Jenihansen, Kamis, 1 Desember 2022 | 15:00 WIB
Pterodactylus antiquus dari Formasi Torleite Jurassic Akhir di Painten. (Augustin et al.)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi telah menemukanfosil Pterodaktil (Pterodactyl) di tempat yang sekarang yang dikenal sebagai Bavaria, Jerman selatan. Fosil tersebut diperkirakan merupakan fosil Pterodaktil tertua yang di ketahui.

Fosil Pterodaktil tersebut hidup selama zaman Kimmeridgian pada zaman Jurassic Akhir, antara 155 dan 152 juta tahun yang lalu. Temuan tersebut telah diterbitkan di jurnal Fossil Record dengan judul "The geologically oldest specimen of Pterodactylus: a new exquisitely preserved skeleton from the Upper Jurassic (Kimmeridgian) Plattenkalk deposits of Painten (Bavaria, Germany)."

Pterosaurus pertama yang dideskripsikan dan diberi nama secara ilmiah adalah Pterodaktil dari endapan Plattenkalk Jurassic Atas yang terkenal di Bavaria, Jerman selatan. Temuan awal itu dengan demikian mengarah pada pengakuan kelompok reptil terbang yang sangat beragam ini.

Penemuan Pterodaktil paling awal berasal dari abad ke-18 tetapi tanggal pasti penemuan mereka masih sulit ditentukan.

Meskipun Pterodaktil hidup di antara dinosaurus dan tampak seperti dinosaurus, kedua kelompok ini tidaklah sama. Seperti manusia dan kera, Pterodaktil dan dinosaurus memiliki nenek moyang yang sama yang menjelaskan kemiripan dua makhluk ini.

Biasanya, spesimen holotipe Pterodaktylus antiquus, yang ditemukan antara tahun 1767 dan 1784, dianggap sebagai fosil pterosaurus yang pertama kali ditemukan, meskipun holotipe Pterodactylus micronyx ditemukan antara tahun 1757 dan 1779 dan dengan demikian mungkin telah ditemukan lebih awal.

Peta Jerman selatan dengan Franconian dan Swabia Alb. Spesimen baru Pterodactylus antiquus yang dijelaskan dalam penelitian ini (DMA-JP-2014/004) ditemukan 2 km timur laut Painten di Rygol Quarry. (Wessel et al.)

Pertama kali dijelaskan oleh Cosimo Alessandro Collini pada tahun 1784, Pterodactylus antiquus awalnya dianggap sebagai vertebrata air dengan hubungan yang tidak pasti, sebelum naturalis Jerman Johann Hermann mengidentifikasi hewan tersebut sebagai vertebrata terbang, meskipun ia menganggapnya sebagai mamalia.

Naturalis Prancis dan pendiri anatomi komparatif, Georges Cuvier, akhirnya mengakui afinitas reptil dari spesimen tersebut dan kemudian menciptakan istilah 'pterodactyle' untuknya, yang kemudian dilatinkan menjadi Pterodactylus.

Selama fase awal penelitian pterosaurus, Pterodactylus adalah genus 'keranjang sampah' yang berisi lusinan spesies yang diberikan yang terkadang berkerabat jauh. Beberapa dekade kemudian, revisi komprehensif genus secara signifikan mengurangi jumlah spesies.

Pterosaurus tidak termasuk dinosaurus. (University of Queensland)

Sampai saat ini, hanya satu spesies yang tersisa dalam genus, Pterodactylus antiquus, meskipun rujukan beberapa spesimen ke spesies ini dan hubungannya masih diperdebatkan.