Kisah Anatoli Bertahan Hidup setelah Terkena Radiasi Mematikan

By Galih Pranata, Minggu, 4 Desember 2022 | 11:00 WIB
Ruangan berisiko dan rumah dari sinkrotron proton U-70 di Institut Fisika Energi Tinggi di Protvino. (History of Yesterday)

Nationalgeographic.co.id—Sepanjang sejarah, ada banyak kisah tentang orang-orang yang selamat dari peristiwa-peristiwa yang mematikan. Ada banyak kisah ajaib yang mengiringi manusia dalam sejarah.

Salah satu manusia yang telah melampaui segala kemungkinan untuk selamat dari kematian adalah Anatoli Burgorski. Ia adalah seorang ilmuwan Rusia yang memiliki sinar partikel menembus kepalanya yang memancarkan 300.000 rad.

Kisah ini dimulai pada tahun 1978, saat Anatoli bekerja di Institut Fisika Energi Tinggi di Protvino. Berspesialisasi dalam fisika, pekerjaannya meliputi pemeliharaan sinkrotron U-70, yang pada saat itu merupakan akselerator energi tertinggi di Uni Soviet.

Akselerator partikel atau energi memiliki tugas mempercepat elektron atau proton dengan kecepatan yang sangat tinggi untuk menghasilkan sinar partikel bermuatan yang digunakan untuk berbagai penelitian.

"Sinar ini juga mengandung konsentrasi radiasi yang tinggi, oleh karena itu sangat berbahaya bagi organisme hidup mana pun," tulis Andrei Tapalaga kepada History of Yesterday dalam artikel berjudul "The Man Who Survived Over 300,000 Rads" terbit pada 28 November 2022.

"Pada tanggal 13 Juli 1978, seperti hari-hari lainnya, Anatoli mengelilingi akselerator partikel untuk memastikan semuanya berjalan sebagaimana mestinya," tambahnya. 

Pada titik tertentu, Anatoli melihat lampu dari sinkrotron mati, ia menduga akselerator dimatikan. Oleh karena itu dia memutuskan untuk meletakkan kepalanya di saluran untuk melihat lebih baik kerusakan tersebut.

Namun, ternyata akselerator berada dalam kondisi masih menyala. Hanya dalam waktu "sepersekian detik, sinar tinggi menembus kepalanya, memancarkan lebih dari 300.000 rad," imbuhnya.

Baca Juga: Kisah Violet Gibson, Wanita Irlandia yang Menembaki Mussolini

Baca Juga: Einstein dan Politik: Mendukung Hak Yahudi hingga Menolak Israel

Baca Juga: Bencana Chernobyl: Apa yang Sebenarnya Terjadi 32 Tahun Lalu? 

Anatoli menggambarkan bahwa ia melihat cahaya paling terang dalam hidupnya (cahaya yang lebih terang dari seribu matahari), tetapi setelah itu—terpapar radiasi—seketika semuanya menjadi gelap.