Dunia Hewan: Berapa Daya Kuda yang Dimiliki oleh Seekor Kuda?

By Utomo Priyambodo, Rabu, 14 Desember 2022 | 09:00 WIB
Pacu Kude, tradisi pacuan kuda di Tanoh Gayo, yang biasanya digelar selama sepekan setelah HUT RI, p (Alex Pangestu)

Nationalgeographic.co.id—Dalam dunia hewan, kuda dikenal sebagai binatang pekerja keras. Bahkan, manusia sering memanfaatkan kuda untuk melakukan berbagai macam pekerjaan.

Yang menarik, manusia juga memakai satuan daya kuda atau tenaga kuda untuk ukuran daya atau tenaga dalam kerja. Sebenarnya, berapa total daya kuda yang dimiliki atau dapat dihasilkan oleh seekor kuda?

Jawaban singkatnya, yang mungkin mengejutkan Anda, seekor kuda dapat memiliki lebih dari satu daya kuda. Perkiraannya bervariasi, tetapi diperkirakan seekor kuda dengan kecepatan penuh dapat menghasilkan antara 12 hingga 14,9 daya kuda.

Apa itu daya kuda?

Dikutip dari IFL Science, daya kuda atau horsepower (hp) adalah unit pengukuran daya yang menggambarkan tingkat di mana pekerjaan dilakukan. Ini paling sering digunakan untuk mengukur kekuatan mesin mobil, tetapi juga memungkinkan untuk menerapkannya pada potensi kekuatan hewan, seperti kuda.

Dalam istilah paling sederhana, satu unit daya kuda adalah jumlah daya yang dibutuhkan untuk memindahkan atau mengangkat 75 kilogram barang setinggi 1 meter per detik, yaitu sekitar 745 watt.

Unit ini pertama kali disusun sekitar tahun 1780 oleh insinyur Skotlandia James Watt untuk membandingkan keluaran tenaga mesin uap dengan seekor kuda penarik. Watt adalah penjual mesin uap dan dia sedang mencari cara untuk mempromosikan produknya ke pasar yang sebagian besar digerakkan oleh kuda.

Dengan merancang satuan daya kuda, Watt mampu menunjukkan keuntungan menggunakan mesin uap dan meyakinkan pemilik pabrik untuk membuang kudanya.

Baca Juga: Dunia Hewan: Inilah Tujuh Binatang yang Punya Profesi Tidak Biasa

Baca Juga: Dunia Hewan: Mengapa Tidak Semua Binatang Bisa Dijinakkan Manusia?

Baca Juga: Dunia Hewan: Kenapa Kuda Tidur Sambil Berdiri? Apa Tak Takut Jatuh? 

Melalui beberapa perhitungan yang cukup longgar berdasarkan seekor kuda yang menarik roda gilingan selama empat jam, dia mengetahui bahwa kuda itu bergeser kira-kira setara dengan 249 kilogram (550 pound) dengan satu kaki dalam satu detik. Namun, ini bukanlah potensi penuh dari seekor kuda dan sebenarnya mencerminkan jumlah tenaga yang dapat diberikan seekor kuda selama satu hari kerja penuh.