Charon, Tukang Perahu Pembawa Jiwa Orang Mati di Yunani dan Romawi

By Sysilia Tanhati, Kamis, 15 Desember 2022 | 12:00 WIB
Charon adalah tukang perahu yang mengangkut jiwa orang mati melintasi perairan Hades (Dunia Bawah Tanah) ke penghakiman. (Joachim Patinir)

Nationalgeographic.co.id—Di zaman Yunani dan Romawi kuno, orang mati dikuburkan dengan koin. Semakin bersinar koin itu, semakin baik. Koin itu akan digunakan oleh jiwa orang yang meninggal untuk membayar Charon. Putra Kegelapan dan Malam, Charon dengan muram mendayung perahunya melintasi Sungai Kesedihan membawa orang mati ke Dunia Bawah Tanah. Satu-satunya kegembiraan dalam pekerjaannya adalah kesempatan untuk mendorong jiwa-jiwa yang tidak memiliki koin atau terkubur secara tidak benar dari perahunya. Bagaimana kisah Charon, tukang perahu pembawa jiwa orang mati di mitologi Yunani dan Romawi kuno?

Siapa Charon?

Sosok dari mitologi Yunani kuno, Charon adalah tukang perahu yang mengangkut jiwa orang mati melintasi perairan Hades (Dunia Bawah Tanah) ke penghakiman. “Penghakiman tersebut yang menentukan tempat peristirahatan terakhir jiwa-jiwa orang mati,” tulis Mark Cartwright di laman World History Encyclopedia. Orang Yunani percaya orang mati membutuhkan koin untuk membayar Charon atas jasanya. Maka, koin ditempatkan di mulut almarhum dan ini sangat penting.

Charon adalah subjek populer pada lukisan tembikar Yunani abad ke-5 hingga ke-4 Sebelum Masehi. Terutama pada lekythoi yang digunakan untuk menyimpan minyak halus dan parfum yang biasanya dikubur bersama orang mati.

Dalam mitologi Etruria, ada sosok yang mirip dengan Charon. Dikenal dengan nama Charu, ia sering digambarkan membawa palu.

Charon terus muncul dalam mitologi Romawi. Bahkan sosok Charon muncul dalam eksekusi di Colosseum.

Tukang Perahu Dunia Bawah Tanah “Hades”

Charon dalam mitologi Yunani kuno adalah tukang perahu yang mengangkut orang mati. Gagasan ini kemungkinan dipengaruhi oleh mitologi Mesopotamia dan Mesir. Dalam peradaban Mesopotamia dan Mesir, Dunia Bawah Tanah juga memiliki sungai-sungai yang menghambat kemajuan jiwa.

Dalam mitologi Yunani, Charon adalah anak dari Erebus (Kegelapan) dan Nyx (Malam). Namanya mungkin awalnya berarti 'kecerahan yang luar biasa'.

Tugas Charon adalah mengangkut jiwa orang mati menyeberangi sungai Styx yang beracun. Tujuannya adalah Hades, yang merupakan Dunia Bawah Tanah dalam mitologi. Dewa pembawa pesan Hermes juga sering digambarkan ikut menemani Charon. Hermes bertindak sebagai penuntun bagi orang mati di Hades. Seringkali Hermes mengawal jiwa ke Charon, yang kemudian membawa mereka lebih dalam ke Dunia Bawah Tanah untuk diadili.

Charon juga membantu para pahlawan Yunani

Dalam banyak catatan Yunani, Charon membantu para pahlawan yang turun ke Hades dalam berbagai tantangan, seperti Odysseus, Orpheus, dan Psyche.