Teleskop James Webb Sajikan Pemandangan Indah dari Galaksi Jauh

By Wawan Setiawan, Sabtu, 17 Desember 2022 | 16:00 WIB
Petak langit berukuran 2% dari area yang dicakup oleh bulan purnama dicitrakan dengan Kamera Inframerah Dekat (NIRCam) Webb dalam delapan filter, dan dengan Kamera Lanjutan untuk Survei (ACS) Hubble dan Kamera Bidang Lebar 3 (WFC3). (Space Telescope Science Institute Office of Public Outreach)

Nationalgeographic.co.id - Selama beberapa dekade, Teleskop Luar Angkasa Hubble dan teleskop berbasis darat telah memberi kita gambar galaksi yang spektakuler. Ini semua berubah ketika Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) diluncurkan pada Desember 2021 dan berhasil menyelesaikan komisioning pada paruh pertama tahun 2022.

Bagi para astronom, alam semesta seperti yang telah kita lihat, kini terungkap dengan cara baru yang tidak pernah terbayangkan oleh instrumen Near-Infrared Camera (NIRCam) teleskop.

NIRCam adalah pencitra utama James Webb yang mencakup rentang panjang gelombang inframerah dari 0,6 hingga 5 mikron. NIRCam mendeteksi cahaya dari bintang dan galaksi paling awal dalam proses pembentukan, populasi bintang di galaksi terdekat, serta bintang muda di objek Bimasakti dan Sabuk Kuiper.

Proyek Prime Extragalactic Areas for Reionization and Lensing Science (PEARLS), adalah subjek dari studi terbaru yang diterbitkan dalam Astronomical Journal. Studi tersebut dilakukan oleh tim peneliti, termasuk Arizona State University School of Earth and Space Exploration Regents Profesor Rogier Windhorst, Ilmuwan Riset Rolf Jansen, Associate Research Scientist Seth Cohen, Research Assistant Jake Summers dan Graduate Associate Rosalia O'Brien, beserta kontribusi dari banyak peneliti lainnya.

Bagi para peneliti, gambar-gambar program PEARLS dari galaksi-galaksi paling awal menunjukkan jumlah pelensaan gravitasi benda-benda di latar belakang gugusan galaksi massif. Ini memungkinkan tim untuk melihat beberapa benda yang sangat jauh ini. Di salah satu bidang yang relatif dalam ini, tim telah bekerja dengan gambar multiwarna yang menakjubkan untuk mengidentifikasi interaksi galaksi dengan inti aktif.

Bidang domain waktu Kutub Ekliptika Utara dengan teleskop Webb. (NASA, ESA, CSA, Rolf A. Jansen (ASU), Jake Summers (ASU), Rosalia O'Brien (ASU), Rogier Windhorst (ASU), Aaron Robotham (UWA), Anton M. Koekemoer (STScI), Christopher Willmer (Universitas Arizona) dan Tim JWST PEARLS)

"Selama lebih dari dua dekade, saya telah bekerja dengan tim ilmuwan internasional yang besar untuk mempersiapkan program sains Webb kami," kata Windhorst. "Gambar-gambar Webb benar-benar fenomenal, benar-benar di luar mimpi terliar saya. Mereka memungkinkan kita untuk mengukur kepadatan jumlah galaksi yang bersinar hingga batas inframerah yang sangat redup dan jumlah total cahaya yang mereka hasilkan. Cahaya ini jauh lebih redup daripada yang diukur oleh langit inframerah yang sangat gelap antara galaksi-galaksi itu."

Baca Juga: Teleskop James Webb Mendeteksi Awan Silikat di Katai Coklat Terdekat

 Baca Juga: Teleskop James Webb Jika Hendak Mendeteksi Alien: Deteksi Metana!

 Baca Juga: Termasuk James Webb, Inilah Lima Teleskop Paling Mahal di Dunia 

Hal pertama yang dapat dilihat tim dalam gambar-gambar baru ini adalah bahwa banyak galaksi yang berdekatan atau benar-benar tidak terlihat oleh Hubble terlihat terang dalam gambar yang diambil oleh Webb. Galaksi-galaksi ini sangat jauh sehingga cahaya yang dipancarkan oleh bintang-bintang terbentang.

Tim fokus pada bidang domain waktu Kutub Ekliptika Utara dengan teleskop Webb - mudah dilihat karena lokasinya di langit. Windhorst dan tim berencana untuk mengamatinya empat kali.