Keramaian Suporter Sepak Bola Bisa Pengaruhi Keputusan Kartu Wasit

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 19 Desember 2022 | 13:29 WIB
Keputusan wasit memberi kartu pelanggaran pada pemain sepak bola bisa dipengaruhi oleh keramaian suporter di stadion. (Freepik)

Nationalgeographic.co.id - Pelanggaran tim di sebuah pertandingan sepak bola bisa saja terjadi. Beberapa pelanggaran bisa diberi kartu kuning atau merah yang bisa diberikan pada pemain, bahkan pelatih yang duduk di luar kotak pertandingan sepak bola. Dampaknya bisa buruk bagi manajemen taktik dan formasi permainan sebuah tim, karena pelanggaran.

Kartu kuning diberikan sebagai peringatan. Jika seorang pemain mendapatkan dua kali kartu kuning, terakumulasi menjadi kartu merah. Kartu merah sendiri adalah tanda pemain harus keluar dari lapangan, dan tidak bisa bermain di permainan selanjutnya. Kartu merah juga bisa diberikan oleh wasit jika terjadi pelanggaran keras.

Namun, bagaimana keputusan memberikan kartu kuning atau merah bagi wasit? Ternyata, menurut sebuah penelitian di Journal of Global Sport, situasi keramaian bisa memengaruhi keputusan wasit memberikan kartu. Penelitian itu bertajuk "No Crowds, No Home Advantage in Football during the COVID-19 Season: Are Crowds Able to Manipulate All but the Best Referees’ Behaviour?" yang terbit 17 September 2022.

Penelitian itu membandingkan kondisi jumlah kartu merah dan kuning di masa COVID-19 di berbagai pertandingan di Inggris, dengan situasi adanya kerumunan di tahun 2010-2011 hingga 2019-2020. Hal itu terpantau dari pertandingan dari empat divisi Liga Inggris.

Ternyata, pertandingan sepak bola selama masa pandemi COVID-19 yang tidak memiliki kerumunan, mengurangi keuntungan tuan rumah.

“Studi kami memberikan bukti yang luar biasa bahwa orang banyak dapat memanipulasi wasit profesional untuk memberikan kartu merah dan kuning yang jauh lebih banyak kepada pemain tandang (dibandingkan ke pemain tuan rumah), efek yang menghilang saat penonton tidak ada," kata Alan Nevill, peneliti utama studi dan profesor di Faculty of Education Health and Wellbeing at the University of Wolverhampton, dikutip dari Eurekalert.

Akan tetapi, ketika kerumunan penonton kembali ke stadion, wasit Liga Premier kurang rentan terhadap seperti itu dengan menyempitnya jarak antara kartu kuning bagi pemain kandang dan tandang. Nevill dan tim berpendapat, liga ini sudah mempersiapkan, memiliki manajemen, dan pelatihan, untuk 'kebal atas kerumunan'.

Baca Juga: Bagaimana Para Imigran Membuat Sepak Bola Prancis 'Jadi Lebih Baik'

Baca Juga: Mengapa Banyak Pemain di Piala Dunia yang Kaus Kakinya Bolong-Bolong?

Baca Juga: Ketimbang Joging, Sepak Bola Lebih Baik untuk Kesehatan Tulang

Baca Juga: Sains Mengungkap Rahasia Teknik 'Shooting' Luar Biasa dalam Sepak Bola

Meski demikian, situasi di mana wasit bisa terpengaruh oleh penonton dalam memberikan kartu pelanggaran masih bisa terjadi. Hanya wasit terbaik yang mampu tidak terpengaruh dari keramaian penonton di pertandingan dalam stadion.