Planet Ini Berputar Menuju Kehancurannya di Sekitar Bintang yang Menua

By Wawan Setiawan, Sabtu, 24 Desember 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi tentang sistem Kepler-1658. Kepler-1658b, yang mengorbit dengan periode hanya 3,8 hari, merupakan kandidat eksoplanet pertama yang ditemukan oleh Kepler. (Gabriel Perez Diaz/Instituto de Astrofísica de Canarias)

Nationalgeographic.co.id - Untuk pertama kalinya, para astronom telah melihat sebuah planet ekstrasurya yang orbitnya membusuk di sekitar bintang induk yang berevolusi atau lebih tua. Dunia yang dilanda bencana tampaknya ditakdirkan untuk berputar semakin dekat ke bintangnya yang semakin matang sampai akhirnya bertabrakan dan menjadi kehancuran terakhir.

Penemuan ini menawarkan wawasan baru ke dalam proses peluruhan orbit planet yang bertele-tele dengan memberikan pandangan pertama pada suatu sistem pada tahap akhir evolusi ini.

Kematian demi bintang adalah takdir yang diperkirakan menunggu banyak dunia dan bisa menjadi adios terakhir Bumi miliaran tahun dari sekarang saat Matahari kita bertambah tua.

"Kami sebelumnya telah mendeteksi bukti eksoplanet yang mengilhami bintangnya, tetapi kami belum pernah melihat planet seperti itu di sekitar bintang yang berevolusi," kata Shreyas Vissapragada, penulis utama studi baru yang menjelaskan hasilnya. "Teori memprediksi bahwa bintang yang berevolusi sangat efektif menyedot energi dari orbit planetnya, dan sekarang kita dapat menguji teori tersebut dengan pengamatan."

Temuan ini telah dipublikasikan di Astrophysical Journal Letters pada 19 Desember 2022 dengan judul “The Possible Tidal Demise of Kepler’s First Planetary System.”

Planet ekstrasurya yang nahas itu diberi nama Kepler-1658b. Seperti namanya, para astronom menemukan planet ekstrasurya ini dengan teleskop luar angkasa Kepler, misi perintis perburuan planet yang diluncurkan pada tahun 2009. Anehnya, dunia ini adalah kandidat planet ekstrasurya baru pertama yang pernah diamati Kepler. Namun butuh waktu hampir satu dekade untuk memastikan keberadaan planet tersebut, saat objek tersebut masuk dalam katalog Kepler secara resmi sebagai entri ke-1.658.

Kepler-1658b adalah apa yang disebut Jupiter panas, julukan yang diberikan kepada planet ekstrasurya yang setara dengan massa dan ukuran Jupiter tetapi dalam orbit yang sangat dekat dengan bintang induknya. Bagi Kepler-1658b, jarak itu hanyalah seperdelapan jarak antara Matahari kita dan planet yang mengorbit paling rapat, Merkurius. Untuk Jupiter panas dan planet lain seperti Kepler-1658b yang sudah sangat dekat dengan bintangnya, peluruhan orbit tampaknya akan berujung pada kehancuran.

Teleskop luar angkasa Kepler milik NASA. (Wendy Stenzel-Kepler mission/NASA)

Dalam kasus Kepler-1658b, menurut studi baru, periode orbitnya berkurang dengan kecepatan sangat kecil sekitar 131 milidetik (seperseribu detik) per tahun, dengan orbit yang lebih pendek menunjukkan planet ini telah bergerak lebih dekat ke bintangnya.

Akar penyebab peluruhan orbit yang dialami Kepler-1658b adalah pasang surut—fenomena yang sama yang bertanggung jawab atas naik turunnya lautan di Bumi setiap hari. Pasang surut dihasilkan oleh interaksi gravitasi antara dua benda yang mengorbit, seperti antara dunia kita dan Bulan atau Kepler-1658b dan bintangnya. Gravitasi tubuh mendistorsi bentuk satu sama lain, dan saat tubuh merespons perubahan ini, energi dilepaskan. Bergantung pada jarak antara, ukuran, dan tingkat rotasi benda yang terlibat, interaksi pasang surut ini dapat mengakibatkan benda mendorong satu sama lain—kasus Bumi dan Bulan yang berputar perlahan ke luar—atau ke dalam, seperti dengan Kepler-1658b menuju bintangnya.

Baca Juga: Lagi, Satelit Kepler Temukan Planet Ekstrasurya Kembaran Bumi

Baca Juga: Tak Ada Atmosfer yang Mendekati Seperti Bumi, Kecuali Planet Kepler-442b