Inilah Gilgamesh, Raja Mesopotamia Kuno Mencari Keabadian Hidup

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 5 Januari 2023 | 16:00 WIB
Gilgamesh adalah sosok raja dalam sejarah negara-kota Uruk di Sumeria. Ia juga menjadi tokoh pahlawan dalam mitologi Mesopotamia Kuno dan tokoh utama dalam Epos Gilgamesh. Kisah itu ditulis dalam bahasa Akkadia pada akhir milenium kedua SM. (Sampul Buku 'Gilgamesh' oleh Jeff Barcham)

Nationalgeographic.co.id—Gilgamesh adalah nama raja prajurit legendaris, sosok yang didasarkan pada raja kelima dari dinasti pertama ibu kota Mesopotamia, Uruk antara 2700–2500 SM. Nyata atau tidak, Gilgamesh adalah pahlawan dari kisah petualangan epik pertama yang tercatat, diceritakan di dunia kuno dari Mesir hingga Turki, dari pantai Mediterania hingga gurun Arab selama lebih dari 2.000 tahun.

Gilgames dalam Mitologi Babilonia

Dokumen paling awal yang mengacu pada Gilgamesh adalah tablet berhuruf paku yang ditemukan di seluruh Mesopotamia dan dibuat antara tahun 2100–1800 SM. Tablet-tablet itu ditulis dalam bahasa Sumeria dan menggambarkan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan Gilgamesh yang kemudian dirangkai menjadi sebuah narasi. Para sarjana percaya bahwa kisah-kisah Sumeria mungkin merupakan salinan dari komposisi yang lebih tua (tidak bertahan) dari istana raja-raja Ur III abad ke-21 SM, yang mengklaim sebagai keturunan dari Gilgamesh.

Bukti paling awal dari kisah-kisah tersebut sebagai sebuah narasi kemungkinan besar disusun oleh para ahli Taurat di kota-kota Larsa atau Babilonia. Pada abad ke-12 SM, epos Gilgamesh tersebar luas di seluruh wilayah Mediterania. Tradisi Babilonia mengatakan bahwa pengusir setan Si-leqi-unninni dari Uruk adalah penulis puisi Gilgamesh berjudul 'Dia yang Melihat Kedalaman', sekitar 1200 SM.

Salinan yang hampir lengkap ditemukan pada tahun 1853 di Niniwe, Irak, sebagian di Perpustakaan Ashurbanipal memerintah 688–633 SM. Salinan dan fragmen dari epos Gilgames telah ditemukan dari situs Het di Hattusa di Turki hingga Mesir, dari Megiddo di Israel hingga gurun Arab. Penggalan-penggalan kisah ini ditulis dalam berbagai bahasa Sumeria, Akkadia, dan beberapa bentuk Babilonia, dan versi kuno terbaru berasal dari zaman Seleukus, penerus Alexander Agung pada abad keempat SM.

Dalam bentuk cerita yang paling umum, Gilgamesh adalah seorang pangeran, putra Raja Lugalbanda atau pendeta pemberontak dan dewi Ninsun.

Meskipun dia adalah seorang pemuda liar pada awalnya, selama kisah epik Gilgamesh mengejar pencarian heroik untuk ketenaran dan keabadian dan menjadi seorang pria dengan kapasitas yang sangat besar untuk persahabatan, ketahanan, dan petualangan. Sepanjang jalan dia juga mengalami suka dan duka yang besar, serta kekuatan dan kelemahan.

Epik Gilgamesh

Di awal cerita, Gilgamesh adalah seorang pangeran muda di Warka (Uruk), yang gemar berpesta pora dan mengejar wanita. Warga Uruk mengeluh kepada para dewa, yang bersama-sama memutuskan untuk mengirim gangguan ke Gilgamesh dalam bentuk makhluk berbulu besar, Enkidu.

Enkidu tidak setuju dengan cara Gilgamesh yang sia-sia dan bersama-sama mereka memulai perjalanan melalui pegunungan ke Hutan Cedar, tempat tinggal monster: Huwawa atau Humbaba, raksasa yang sangat menakutkan dari zaman dahulu kala. Dengan bantuan dewa matahari Babilonia, Enkidu dan Gilgamesh mengalahkan Huwawa dan membunuhnya serta bantengnya, tetapi para dewa menuntut agar Enkidu dikorbankan untuk kematian.

Enkidu meninggal, dan Gilgamesh, patah hati, meratapi tubuhnya selama tujuh hari, berharap itu akan hidup kembali. Ketika Enkidu tidak dihidupkan kembali, dia mengadakan pemakaman formal untuknya dan kemudian bersumpah dia akan menjadi abadi. Kisah selanjutnya menyangkut pencarian itu.

Mencari Keabadian