Lima Menit Aktivitas Fisik Intens Berdampak Besar bagi Kesehatan

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 7 Januari 2023 | 09:00 WIB
Tidak punya waktu untuk berolahraga? Ternyata lima menit aktivitas fisik intens dapat memberikan dampak besar bagi kesehatan. (Jozsef Hocza)

Nationalgeographic.co.id - Pekerjaan dan kesibukan sehari-hari membuat seseorang memiliki waktu yang terbatas untuk berolahraga. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak pada akhirnya berdampak buruk pada kesehatan. Namun bagi sebagian orang keluar dari ketidakaktifan yang berkepanjangan mungkin terasa sangat menyulitkan. Bagi mereka yang memiliki banyak kesibukan, mungkin ada solusi agar dapat tetap aktif bergerak. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa aktivitas singkat yang kuat setiap hari dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar. Misalnya menaiki tangga, membawa kantong belanjaan, atau meningkatkan kecepatan pekerjaan rumah tangga. Tidak punya waktu untuk berolahraga? Lima menit aktivitas fisik intens dapat memberikan dampak besar bagi kesehatan.

Menurut ilmuwan olahraga University of Sydney Emmanuel Stamatakis, “Mayoritas orang masih menganggap aktivitas fisik sebagai sesuatu yang Anda lakukan di waktu luang. Sehingga Anda perlu pergi ke suatu tempat untuk melakukannya secara khusus.”

Stamatakis menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik intens selama tiga menit setiap hari dapat menurunkan risiko kematian seseorang hingga 40 persen. Periode aktivitas yang singkat, tetapi kuat seperti itu juga mengurangi kemungkinan kematian akibat kanker atau penyakit kardiovaskular.

Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan, Stamatakis merekomendasikan untuk meningkatkan intensitas aktivitas sehari-hari. Namun dia mengakui bahwa hasil kesehatan dari melakukan olahraga teratur empat atau lima kali seminggu, misalnya, jelas lebih baik. “Tidak ada keraguan tentang itu,” tambahnya lagi.

Berapa lama harus berolahraga?

Tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 serta penyakit kardiovaskular. Selain itu, seseorang juga dapat mengembangkan kecemasan dan depresi, dan kematian dini.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat merekomendasikan setidaknya 150 hingga 300 menit seminggu aktivitas fisik intensitas sedang. Anda dapat melakukan jalan cepat atau menyapu halaman. Ingin melakukan aktivitas fisik yang lebih berat? Lakukan 75 hingga 150 menit jogging serta berlari untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Baca Juga: Ingin Jantung Anda Sehat? Lakukan Gerakan Aktivitas Rutin Sehari-hari

Baca Juga: Penelitian Kunci Sehat dan Senang: Selalu Melakukan Kebiasaan Bermakna

Baca Juga: Ternyata, Aktivitas Pekerjaan Pengaruhi Daya Tahan Leher Kita

Akan tetapi rekomendasi seperti ini sering diambil dari studi berbasis kuesioner yang respondennya adalah orang yang berolahraga dalam waktu lama. “Atau biasanya melebihi 10 menit,” kata Stamatakis.

Dalam beberapa tahun terakhir, ada pengakuan dan peningkatan penekanan pada gagasan bahwa semua aktivitas penting, katanya. Namun hasilnya bergantung pada intensitas.