Uji In-Situ Teknologi Tenaga Surya Luar Angkasa Diluncurkan ke Orbit

By Wawan Setiawan, Minggu, 8 Januari 2023 | 08:00 WIB
Insinyur dengan hati-hati menurunkan bagian DOLCE dari Space Solar Power Demonstran ke pesawat ruang angkasa Vigoride yang dibuat oleh Momentus. (Caltech/Space Solar Power Project)

Nationalgeographic.co.id - Caltech Space Solar Power Project (SSPP) pada bulan ini telah meluncurkan prototipe ke orbit, yang dijuluki Space Solar Power Demonstrator (SSPD), yang akan menguji beberapa komponen kunci dari rencana ambisius untuk memanen tenaga surya di luar angkasa dan memancarkan energi kembali ke Bumi.

Tenaga surya luar angkasa ini menyediakan cara untuk memanfaatkan pasokan energi matahari yang praktis tidak terbatas di luar angkasa, di mana energi selalu tersedia tanpa mengalami siklus siang dan malam, musim, dan tutupan awan.

Peluncuran Misi Transporter-6 telah berhasil diluncurkan dari Cape Canaveral pada 3 Januari 2023 kemarin.

Ini merupakan tonggak utama dalam proyek dan berjanji untuk mewujudkan apa yang dulunya fiksi ilmiah menjadi kenyataan. Saat terealisasi sepenuhnya, SSPP akan mengerahkan konstelasi pesawat ruang angkasa modular yang mengumpulkan sinar matahari, mengubahnya menjadi listrik, lalu mengirimkan listrik tersebut secara nirkabel dalam jarak jauh ke mana pun dibutuhkantermasuk ke tempat-tempat yang saat ini tidak memiliki akses ke daya yang andal.

Pesawat ruang angkasa Momentus Vigoride yang dibawa dengan roket SpaceX pada misi Transporter-6 membawa SSPD seberat 50 kilogram ke luar angkasa. Ini terdiri dari tiga eksperimen utama, masing-masing bertugas menguji teknologi kunci proyek yang berbeda.

(Kiri ke Kanan) Sergio Pellegrino, Harry Atwater, dan Ali Hajimiri, peneliti utama Space Solar Power Project. (Steve Babuljak for Caltech)

Pertama, DOLCE (Deployable on-Orbit ultraLight Composite Experiment): Sebuah struktur berukuran 1,8 meter kali 1,8 meter yang mendemonstrasikan arsitektur, skema pengemasan, dan mekanisme penerapan pesawat ruang angkasa modular yang pada akhirnya akan membentuk konstelasi skala kilometer sebagai pembangkit listrik.

Kedua,  ALBA: Kumpulan 32 jenis sel fotovoltaik (PV) yang berbeda, untuk memungkinkan penilaian jenis sel yang paling efektif di lingkungan ruang angkasa yang keras.

Ketiga, MAPLE (Microwave Array for Power-transfer Low-orbit Experiment): Susunan pemancar daya gelombang mikro ringan yang fleksibel dengan kontrol waktu yang tepat memfokuskan daya secara selektif pada dua penerima yang berbeda untuk mendemonstrasikan transmisi daya nirkabel pada jarak jauh di ruang angkasa.

Baca Juga: Misi Membangun Lemari Es Fungsional dan Hemat Energi di Luar Angkasa

Baca Juga: Panas Matahari Mungkin Penyebab Badai Debu Besar-besaran di Mars

Baca Juga: Ilmuwan Mencapai Fusi Nuklir Berkelanjutan, Tapi Tidak Bisa Mengulangi