Game Online Meningkatkan Prospek Karir dan Mengembangkan Soft Skill

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 7 Januari 2023 | 15:00 WIB
Permainan daring dapat mendorong pemain gim untuk memperoleh berbagai soft skill. (Deposit Photos)

Nationalgeographic.co.id - Game online atau permainan daring dapat mendorong pemain gim untuk memperoleh berbagai keterampilan nonteknis atau soft skill. Kemampuan tersebut dapat membantu mereka dalam pelatihan untuk mendukung aspirasi karir mereka, menurut studi baru.

Penelitian baru tersebut telah dipublikasikan dalam Simulation & Gaming belum lama ini. Jurnal akses terbuka itu bisa diterbitkan dengan judul "How Online Gaming Could Enhance Your Career Prospects."

Seperti diketahui sebelumnya, sangat sedikit yang diketahui tentang perilaku permainan daring berdasarkan gim sebenarnya yang dimainkan dan bagaimana minat karier tercermin dalam apa yang dimainkan orang.

Untuk menguji korelasi ini, bekerja sama dengan Game Academy Ltd, peneliti Surrey menyelidiki perilaku bermain gim dari 16.033 peserta untuk mengeksplorasi bagaimana hobi tersebut dapat mendukung perencanaan karir dan pelatihan profesional pemain video gim di masa depan.

Para peserta memainkan sejumlah gim berbeda di Steam, layanan distribusi digital video gim dan etalase. Para peneliti mempelajari 800 gim yang paling banyak dimainkan dan hanya menyertakan peserta yang memiliki akses ke detail gender dan pekerjaan.

Para peneliti menemukan bahwa profesional dan insinyur TI memainkan permainan platform teka-teki, yang mungkin meningkatkan keterampilan spasial mereka.

Orang-orang dalam peran manajerial menunjukkan minat dalam permainan roleplay aksi di mana keterampilan organisasi dan perencanaan terlibat dan profesional teknik dikaitkan dengan permainan strategi yang sering kali membutuhkan keterampilan pemecahan masalah dan spasial.

"Studi kami menemukan bahwa perilaku bermain gim daring bervariasi antara kategori pekerjaan yang berbeda, yang memungkinkan para peserta memperoleh keterampilan nonteknis yang berbeda," tulis peneliti.

Para peserta memainkan sejumlah gim berbeda di Steam. (Steam)

"Keterampilan nonteknis yang didapat dapat membantu pemain gim dengan pelatihan yang mengarah ke jalur karir tertentu. Alasan untuk temuan ini dan saran untuk penelitian masa depan akan dibahas."

Ada perbedaan gender yang jelas juga, perempuan lebih suka bermain gim pemain tunggal, sedangkan laki-laki lebih suka bermain gim menembak.

Baca Juga: Waspadai Wabah 'Gaming Disorder' Akibat Kecanduan Permainan Daring