Dunia Hewan: Dua Puluh Spesies Baru Katak Ditemukan di Madagaskar

By Ricky Jenihansen, Minggu, 8 Januari 2023 | 09:00 WIB
Brygoomantis sekarang terdiri dari 35 spesies. (Scherz et al.)

Nationalgeographic.co.id - Tim ilmuwan spesialis amfibi untuk Madagaskar melaporkan telah menemukan dua puluh spesies baru katak di Madagaskar. Spesies katak yang baru ditemukan termasuk dalam subgenus Brygoomantis dalam genus katak mantellidae Mantidactylus.

Temuan tersebut telah diterbitkan dalam jurnal Megataxa belum lama ini dengan judul "An inordinate fondness for inconspicuous brown frogs: integration of phylogenomics, archival DNA analysis, morphology, and bioacoustics yields 24 new taxa in the subgenus Brygoomantis (genus Mantidactylus) from Madagascar."

Dijelaskan, hingga saat ini, subgenus Brygoomantis hanya berisi 14 spesies katak kecil yang sebagian besar berwarna cokelat. Amfibi ini ada di mana-mana di sepanjang sungai di hutan lembap Madagaskar, tetapi tidak menarik perhatian.

"Katak Malagasi dari subgenus Brygoomantis dalam genus katak mantellidae Mantidactylus saat ini terdiri dari 14 spesies yang dideskripsikan yang kebanyakan berwarna cokelat," tulis peneliti.

"Data dari kode batang DNA menunjukkan bahwa keragaman subgenus ini secara dramatis diremehkan oleh taksonomi saat ini."

Katak jantan memancarkan panggilan yang sangat halus untuk menarik perhatian betina.

“Panggilan biasanya terdengar seperti pintu yang berderit, atau perut yang keroncongan,” kata Mark Scherz, kurator herpetologi di Natural History Museum of Denmark.

“Menemukan, merekam, dan menangkap panggilan individu dari katak ini adalah tantangan nyata, tetapi terbukti sangat penting untuk penemuan dan deskripsi banyak spesies baru ini. Itu berarti banyak waktu di tangan dan lutut di lumpur," kata Frank Glaw, kurator herpetologi di Zoologische Staatssammlung München.

Salah satu spesies katak yang baru ditemukan Mantidactylus mahery. (Scherz et al.)

“Ini adalah puncak dari kerja lapangan intensif di Madagaskar selama lebih dari 30 tahun. Dataset kami berisi data genetik dari lebih dari 1.300 katak, dan pengukuran beberapa ratus spesimen.”

Salah satu alat kunci dalam 'gudang senjata' tim adalah penggunaan 'museomik' mutakhir, di mana DNA diurutkan dari spesimen lama di museum.

"Kami di sini memberikan revisi komprehensif dari subgenus ini. Kami menggunakan pemancingan kode batang DNA berbasis pengayaan hibrida untuk mendapatkan fragmen DNA mitokondria dari bahan jenis pembawa nama dari 16 dari 20 nama yang tersedia untuk anggota subgenus ini," tulis para peneliti.