Cratonavis zhui, Burung Cretaceous Dengan Tengkorak Seperti Dinosaurus

By Ricky Jenihansen, Senin, 9 Januari 2023 | 09:00 WIB
Rekonstruksi kehidupan Cratonavis zhui. (Chuang Zhao)

Nationalgeographic.co.id - Spesies baru burung pygostylian dari Jehol Biota Cretaceous atau Zaman Kapur di Tiongkok telah dipelajari para ahli paleontologi. Spesies baru tersebut memiliki kombinasi unik tengkorak dinosaurus dengan tubuh seperti burung.

Spesies baru tersebut memiliki nama Cratonavis zhui yang hitup selama zaman Kapur Awal, sekitar 120 juta tahun yang lalu. Temuan tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Ecology & Evolution dengan judul "Decoupling the skull and skeleton in a Cretaceous bird with unique appendicular morphologies."

Temuan tersebut mengungkapkan peran kunci evolusi mosaik dalam diversifikasi burung awal. Pada pohon evolusi burung, ia duduk di antara anggota klad burung Ornithothoraces dan Archaeopteryx yang lebih mirip reptil.

“Periode Cretaceous adalah interval waktu kritis yang mencakup diversifikasi eksplosif vertebrata darat, terutama periode ketika burung bercabang paling awal, setelah perbedaan dari nenek moyang theropoda mereka, mengembangkan karakteristik unggas yang pada akhirnya menyebabkan penyebaran global mereka,” kata Min Wang.

Wang adalah seorang peneliti di Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology and the Center for Excellence in Life and Paleoenvironment, Tiongkok, dan rekannya.

“Keanekaragaman awal ini dikuasai oleh Ornithothoraces, yang terdiri dari Enantiornithes dan Ornithuromorpha, yang anggotanya mengembangkan ciri-ciri utama yang diturunkan dari burung mahkota.”

"Perbedaan ini akibatnya membatasi kesenjangan morfologis yang besar antara klad turunan ini dan Archaeopteryx burung tertua."

Dalam penelitian tersebut, Wang dan rekan penulis mempelajari tengkorak dan kerangka pasca-kranial Cratonavis zhui menggunakan computed tomography beresolusi tinggi.

Hasilnya menunjukkan bahwa tengkorak spesies baru burung zaman kapur ini secara morfologis hampir identik dengan dinosaurus seperti Tyrannosaurus rex.

Holotipe Cratonavis zhui. (Li et al.)

“Fitur tengkorak primitif menunjukkan fakta bahwa sebagian besar burung Cretaceous seperti Cratonavis zhui tidak dapat menggerakkan paruh atas mereka secara independen sehubungan dengan tempurung otak dan rahang bawah," kata Zhiheng Li, juga dari Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology and the Center for Excellence in Life and Paleoenvironment di Chinese Academy of Sciences.

"Sebuah inovasi fungsional yang didistribusikan secara luas di antara burung hidup yang berkontribusi terhadap keanekaragaman ekologi mereka yang sangat besar."