Penemuan 10 Mumi Unik dari Berbagai Tempat yang Memukau Dunia

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 14 Januari 2023 | 16:00 WIB
Praktik mumi juga menjadi bagian dari beberapa budaya kuno di wilayah Amerika Selatan dan Asia. Penemuan mumi unik dari berbagai tempat memukau dunia. (Nationalmuseet)

Nationalgeographic.co.id - Mumi manusia dan hewan lainnya ditemukan di setiap benua. Beragam temuan mumi ini ada yang terawetkan lewat kondisi iklim yang unik. Selain itu juga, ada yang diawetkan secara sengaja untuk tujuan keagamaan atau budaya. Selain mumi Mesir kuno yang terkenal, praktik mumi menjadi bagian dari beberapa budaya kuno di wilayah Amerika Selatan dan Asia. Berikut sepuluh penemuan mumi unik dari berbagai tempat yang memukau dunia.

Mumi manusia Tollund yang terawetkan di rawa gambut Denmark

Manusia Tollund adalah tubuh manusia yang dimumikan secara alami yang hidup pada abad ke-4 Sebelum Masehi. Ini adalah periode yang dicirikan di Skandinavia sebagai Zaman Besi Pra-Romawi.

“Ia digantung sebagai pengorbanan kepada para dewa. Kemudian ditempatkan di rawa gambut di mana si korban terawetkan selama lebih dari dua ribu tahun,” tulis Joanna Gillan di laman Ancient Origins.

Kini, wajah manusia Tollund terpelihara seperti saat dia meninggal. Raut wajahnya tenang dan damai, memberikan sensasi seperti melihat orang yang sedang tidur.

Mumi anak Llullaillaco yang berusia 500 Tahun dari Argentina

Pada tahun 1999, sisa-sisa dari tiga anak Inca ditemukan di puncak Gunung Berapi Llullaillaco di Argentina. Ketiganya ditemukan dalam kondisi terpelihara dengan baik. Masing-masing beri nama Maiden (13 tahun), Llullaillaco Boy (4 tahun), dan Lightening Girl (5 tahun).

Sebuah analisis mengungkapkan bahwa anak-anak tersebut dibius dan diberi alkohol secara teratur. Tindakan itu sebagai bagian dari serangkaian proses upacara selama setahun yang mengarah ke pengurbanan manusia.

“Bukti menunjukkan bahwa upacara kurban mungkin digunakan sebagai bentuk kontrol sosial,” ungkap Gillan. Terpilih menjadi kurban bagi dewa dipandang sebagai suatu kehormatan besar, tetapi mungkin menimbulkan suasana ketakutan.

Mumi mungil Qilakitsoq dari Greenland

Wajah kecilnya menatap ke atas, seolah menunggu sang ibu. Dari saat ia ditemukan, bayi kecil Inuit memikat hati setelah fotonya terpampang di majalah.

Saat ditemukan, ia sempat dikira sebagai sebuah boneka. Namun segera diketahui bahwa mumi mungil itu sebenarnya adalah bayi laki-laki berusia enam bulan yang meninggal sekitar 500 tahun yang lalu.