Sebelum Manusia, Kura-Kura Raksasa Menghuni Pulau di Samudera Hindia

By Ricky Jenihansen, Rabu, 18 Januari 2023 | 10:00 WIB
Memperkenalkan kembali kura-kura raksasa Aldabra ke Madagaskar dapat membantu memulihkan ekosistemnya. (Mathee Suwannarak/Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Studi DNA kuno dari Senckenberg Natural History Collections menjelaskan dunia kura-kura raksasa Samudera Hindia yang hilang. Sebelum manusia tiba, kura-kura raksasa hidup di banyak pulau di Samudera Hindia bagian barat.

Dalam penelitian tersebut, Profesor Uwe Fritz dari Senckenberg Natural History Collections dan rekannya bertujuan untuk menguraikan keragaman dan biogeografi mereka. Temuan mereka dipublikasikan di jurnal Science Advances.

Hasil mereka menunjukkan bahwa nenek moyang kura-kura Mascarene yang telah punah menyebar dari Afrika di Eosen ke pulau-pulau yang sekarang tenggelam di timur laut Madagaskar.

Dari pulau-pulau ini, Mascarene berulang kali dijajah. Migrasi keluar Afrika lainnya dihasilkan dari spesies kura-kura Madagaskar raksasa, besar, dan kecil. Dua raksasa dan satu spesies besar menghilang 1.000 hingga 600 tahun yang lalu, yang terakhir baru bagi sains.

Sebelum kedatangan manusia, ekosistem pulau-pulau samudra di Samudra Hindia bagian barat didominasi oleh kura-kura raksasa yang setara dengan megafauna kontinental, baik massa total maupun jumlahnya.

Di Madagaskar, mereka berbagi peran itu dengan mamalia dan burung berukuran sedang hingga besar, sementara kura-kura raksasa adalah satu-satunya herbivora besar di Aldabra, Granitic Seychelles timur, dan pulau Mascarene.

Aldabra, atol koral di Seychelles barat yang ekstrem, adalah satu-satunya pulau dengan populasi kura-kura raksasa asli yang masih hidup.

Untuk merekonstruksi evolusi dan kepunahan hewan-hewan ini, Profesor Fritz dan rekan penulis mengurutkan DNA mereka yang diekstraksi dari tulang dan spesimen museum yang berasal dari Madagaskar dan pulau-pulau tetangga.

Kura-kura raksasa menghuni banyak pulau di Samudera Hindia sebelum manusia tiba. (Michal Rössler / Massimo Delfino)

Mereka menemukan bahwa Madagaskar, Aldabra, dan Seychelles adalah rumah bagi tiga spesies kura-kura raksasa yang berkerabat dekat, dua di antaranya punah pada Abad Pertengahan, beberapa abad setelah Madagaskar dijajah oleh manusia.

Spesies ini tidak berkerabat dengan lima spesies lain yang hidup di Mauritius, Reunion, dan Rodrigues, pulau-pulau di sebelah timur Madagaskar yang terkenal karena burung dodo yang tidak bisa terbang.

Kura-kura raksasa Madagaskar juga menghilang setelah kedatangan manusia pertama di pulau tersebut, tetapi dalam kasus ini hanya sekitar 200 tahun yang lalu.