Bagaimana Tata Surya Terbentuk? Asteroid Ryugu Membantu Kita Belajar

By Wawan Setiawan, Minggu, 22 Januari 2023 | 07:00 WIB
Asteroid Ryugu terbentuk di tata surya bagian luar sebelum mendekati planet Bumi. (Pablo Carlos Budassi via Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id - Sampel mineral yang dikumpulkan dari asteroid Ryugu oleh pesawat ruang angkasa Hayabusa 2 Jepang membantu ilmuwan ruang angkasa UCLA dan rekannya untuk lebih memahami komposisi kimia tata surya kita saat masih bayi, lebih dari 4,5 miliar tahun yang lalu.

Dalam penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy bertajuk “Early fluid activity on Ryugu inferred by isotopic analyses of carbonates and magnetite,” para ilmuwan yang menggunakan analisis isotop menemukan bahwa mineral karbonat dari asteroid mengkristal melalui reaksi dengan air. Awalnya mineral ini menyatu dengan asteroid sebagai es di tata surya yang masih terbentuk, kemudian dihangatkan menjadi cairan.

Karbonat ini, kata mereka, terbentuk sangat awal—dalam 1,8 juta tahun pertama keberadaan tata surya—dan mereka mencatat suhu serta komposisi cairan berair asteroid yang ada pada saat itu.

Ryugu yang berbatu dan kaya karbon adalah asteroid tipe-C pertama (C singkatan dari "carbonaceous") yang sampelnya telah dikumpulkan dan dipelajari, kata anggota tim penulis studi Kevin McKeegan, seorang profesor terkemuka ilmu Bumi, planet, dan antariksa di UCLA. Apa yang membuat Ryugu istimewa, katanya, adalah tidak seperti meteorit, ia tidak berpotensi mencemari Bumi. Dengan menganalisis sidik jari kimia dalam sampel, para ilmuwan dapat mengembangkan gambaran tidak hanya tentang bagaimana Ryugu terbentuk tetapi juga di mana ia terbentuk.

"Sampel Ryugu memberi tahu kita bahwa asteroid dan objek serupa terbentuk relatif cepat di tata surya bagian luar, di luar bagian depan kondensasi es air dan karbon dioksida, mungkin sebagai benda kecil," kata McKeegan.

Analisis para peneliti menentukan bahwa karbonat Ryugu terbentuk beberapa juta tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya, dan mereka menunjukkan bahwa Ryugu—atau asteroid nenek moyang yang mungkin telah putus—bertambah sebagai objek yang relatif kecil, dengan diameter yang mungkin kurang dari 20 kilometer.

Ilmuwan mengungkap bahwa mineral dari asteroid Ryugu dihasilkan melalui reaksi dengan air lebih dari 4,5 miliar tahun lalu. (JAXA)

Hasil ini mengejutkan, kata McKeegan, karena sebagian besar model akresi asteroid akan memprediksi perakitan dalam periode yang lebih lama. Menghasilkan pembentukan benda berdiameter setidaknya 50 kilometer yang dapat bertahan lebih baik dari evolusi tumbukan selama sejarah panjang tata surya.

Sementara Ryugu saat ini hanya berdiameter sekitar 1 kilometer sebagai hasil dari tabrakan dan perakitan ulang sepanjang sejarahnya. Sangat tidak mungkin itu adalah asteroid besar, kata para peneliti. Mereka mencatat bahwa setiap asteroid yang lebih besar yang terbentuk sangat awal di tata surya akan dipanaskan hingga suhu tinggi oleh peluruhan aluminium-26 dalam jumlah besar. Sebuah nuklida radioaktif yang mengakibatkan pencairan batuan di seluruh bagian dalam asteroid, bersama dengan diferensiasi kimia, seperti pemisahan logam dan silikat.

Baca Juga: Ilmuwan Selidiki Meteorit Kuno untuk Mengungkap Asal-usul Air di Bumi

Baca Juga: Hayabusa2, Pesawat Antariksa Yang Akan Mengirim Dua Robot ke Asteroid

Baca Juga: Sampel Batu dan Debu Asteroid Ryugu Singkap Asal-usul Air Planet Bumi