Peneliti Menemukan Meteorit Seberat 7 Kilogram Lebih di Antarktika

By Wawan Setiawan, Minggu, 22 Januari 2023 | 17:15 WIB
Meteorit seberat 7,6 kg ditemukan di Antarktika. (Maria Valdes)

Nationalgeographic.co.id - Apa yang menarik dari Antarktika? Antarktika adalah benua paling selatan di dunia. Ini juga merupakan benua terkering, berangin, dan paling dingin. Ini adalah benua tertinggi di dunia, dengan ketinggian rata-rata sekitar 2.200 meter di atas permukaan laut. Daratannya hampir seluruhnya tertutup oleh lapisan es yang luas. Benua ini dibagi menjadi Antarktika Timur (yang sebagian besar terdiri dari dataran tinggi yang tertutup es) dan Antarktika Barat (yang sebagian besar merupakan lapisan es yang menutupi kepulauan pulau pegunungan).

Antarktika adalah tempat yang sulit untuk bekerja, karena alasannya yang jelas—sangat dingin, terpencil, dan liar. Namun, ini adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk berburu meteorit. Itu sebagian karena Antarktika adalah gurun, dan iklimnya yang kering membatasi tingkat pelapukan yang dialami meteorit.

Di atas kondisi kering, bentang alamnya sangat ideal untuk berburu meteorit: batuan antariksa hitam menonjol dengan jelas di atas padang bersalju. Bahkan ketika meteorit tenggelam ke dalam es, gerakan gletser yang bergolak melawan batu di bawah membantu mengekspos kembali meteorit di dekat permukaan bidang es biru benua.

Sebuah tim peneliti internasional yang baru saja kembali dari Antarktika dapat membuktikan keramahan pemburu meteorit di benua itu. Mereka kembali dengan lima meteorit baru, termasuk satu yang berbobot 7,6 kg.

Para peneliti berpose dengan meteorit temuan mereka seberat 7,6 kg. Helm putih: Maria Schönbächler. Helm hijau: Maria Valdes. Helm hitam: Ryoga Maeda. Helm oranye: Vinciane Debaille. (Maria Valdes)

Maria Valdes, seorang ilmuwan peneliti di Field Museum dan University of Chicago, memperkirakan bahwa dari sekitar 45.000 meteorit yang diambil dari Antarktika selama abad yang lalu, hanya sekitar seratus atau lebih yang berukuran seperti ini atau lebih besar.

"Ukuran tidak selalu menjadi masalah dalam hal meteorit, dan bahkan mikrometeorit kecil pun bisa sangat berharga secara ilmiah," kata Valdes, "tetapi tentu saja, menemukan meteorit besar seperti ini jarang terjadi, dan sangat menarik."

Baca Juga: Elaliite and Elkinstantonite, Dua Mineral Baru di Meteorit El Ali

Baca Juga: Batu Kecil Ini Terrnyata Meteorit Kuno yang Seumuran dengan Tata Surya

Baca Juga: Meteorit Untuk Pertama Kalinya Ditemukan Dapat Menghantarkan Listrik

Valdes adalah satu dari empat ilmuwan dalam misi tersebut, dipimpin oleh Vinciane Debaille dari Université Libre de Bruxelles (FNRS-ULB); Maria Schönbächler (ETH-Zurich) dan Ryoga Maeda (VUB-ULB). Para peneliti adalah yang pertama mengeksplorasi potensi situs meteorit baru yang dipetakan menggunakan citra satelit oleh Veronica Tollenaar, seorang mahasiswa tesis glasiologi di ULB.

"Berpetualang menjelajahi daerah yang tidak diketahui memang mengasyikkan," kata Debaille, "tetapi kami juga harus menghadapi kenyataan bahwa kenyataan di lapangan jauh lebih sulit daripada keindahan citra satelit."