Dikenal Sebagai Digital Native, Ini Beberapa Kebiasaan Unik yang Dimiliki Gen Z

By Yussy Maulia, Jumat, 27 Januari 2023 | 16:16 WIB
Ilustrasi Gen Z. (Freepik)

Nationalgeographic.co.id – Generasi Z atau Gen Z merupakan kelompok usia yang lahir pada rentang tahun 1997 sampai 2012. Karena lahir di tengah era perkembangan teknologi yang masif, generasi ini juga kerap disebut sebagai digital native.

Selain andal dalam penggunaan teknologi, “tumbuh” bersama dengan perkembangan teknologi digital juga membuat karakter Gen Z berbeda dari generasi-generasi sebelumnya.

Dalam hal berbelanja, misalnya, riset McKinsey pada 2019 menemukan bahwa hampir 40 persen Gen Z di Amerika Serikat akan mengikuti rekomendasi dari para influencer di media sosial.

Sementara itu, survei yang dilakukan oleh perusahaan teknologi Hewlett & Packard (HP) pada 2022 mengungkapkan bahwa Gen Z 10 kali lipat lebih rentan mengalami tech shame di lingkungan kerja dibandingkan generasi yang lebih tua.

Baca Juga: Kesenjangan Digital Tidak Dapat Diatasi dengan Teknologi Saja

Adapun tech shame yang dimaksud adalah perasaan cemas ketika menghadapi tantangan yang berkaitan dengan teknologi. Misalnya, komputer mengalami lag, jaringan wifi tidak mau tersambung, dan aplikasi yang tiba-tiba eror.

Selain dua contoh di atas, Gen Z juga punya berbagai kebiasaan yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

  1. Sangat bergantung pada smartphone

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalah mengandalkan smartphone di segala kegiatan, mulai dari mencari hiburan, memesan transportasi online, hingga berbelanja.

Bahkan, sudah menjadi rahasia umum jika Gen Z selalu membawa smartphone ke mana saja, termasuk kamar mandi.

Baca Juga: Apa Itu Web3 dan Mengapa Para Pegiat Teknologi Membicarakannya?

  1. Sering ganti gadget

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat berbagai merk gadget hadir dalam waktu bersamaan. Biasanya, gadget keluaran terbaru dilengkapi fitur yang lebih bagus dari model sebelumnya sehingga menjadi incaran banyak orang.

Tak heran, banyak Gen Z hobi ganti gadget dalam waktu singkat. Selain untuk mendapatkan gadget dengan kualitas yang lebih baik, kebiasaan ganti gadget dilakukan agar mereka tidak ketinggalan zaman.

  1. Mengunjungi tempat yang hits

Mengunjungi tempat yang sedang populer atau hits juga menjadi kebiasaan sebagian Gen Z. Apalagi, saat ini semua orang dapat mencari rekomendasi tempat, seperti kafe, restoran, dan tempat berkumpul terbaik dari media sosial.

  1. Hobi mengakses banyak media sosial

Di tengah pesatnya perkembangan media sosial seperti saat ini, rasanya mustahil hanya mengakses satu atau dua media sosial.

Baca Juga: Benarkah Media Sosial Berdampak Negatif pada Citra Tubuh? Ini Faktanya

Tak heran, Gen Z pada umumnya hobi membuat banyak akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, hingga media sosial terbaru seperti Mastodon dan Clubhouse.

Bahkan, riset perusahaan perbankan investasi global Goldman Sachs mencatat bahwa sebagian besar Gen Z menghabiskan lebih dari 10 jam untuk online di akun media sosial mereka.

Selain dimanfaatkan untuk mencari informasi terbaru, platform media sosial tersebut juga kerap digunakan sebagai tempat berkomunikasi, berbagi foto, hingga membuat berbagai konten yang mampu menjaring followers maupun viewers.

Agar bisa up to date terhadap berbagai info di media sosial, Gen Z pun ingin selalu terkoneksi dengan dunia digital. Apalagi jika hobi berpindah-pindah aplikasi, dibutuhkan kuota internet yang tak terbatas.

Untuk menunjang beragam aktivitas Gen Z selama berselancar di internet, AXIS meluncurkan paket internet baru, yaitu AXIS Warnet Unlimited.

Baca Juga: Perhatian: Geomagnetik Badai Matahari Bisa Sebabkan 'Kiamat Internet'

AXIS Warnet Unlimited (DOK. Axis)

Sesuai namanya, paket ini hadir dengan kuota unlimited dengan masa aktif selama 24 jam. Masa aktif tersebut disesuaikan dengan jam yang sama saat paket diaktifkan.

Kabar baiknya, paket #NonstopAntiNgedrop ini bisa dinikmati oleh semua pelanggan AXIS dengan mengaktifkan paketnya di aplikasi AXISNET. Harganya pun tergolong ramah bagi kantong, yakni hanya Rp 3.999 untuk satu kali pembelian.

Untuk meramaikan peluncuran paket ini, AXIS juga berkolaborasi dengan Feel Koplo dalam pembuatan jingle-nya. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, kunjungi laman AXIS di https://www.axis.co.id/produk/paket-internet/paket-warnet.