Nyaris Punah, Kerja Sama Menguntungkan antara Nelayan dan Lumba-lumba

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Selasa, 31 Januari 2023 | 14:00 WIB
Seekor lumba-lumba memberi isyarat kepada seorang nelayan di Praia da Tesoura di Laguna, Brasilia. Praktik kerja sama antara nelayan dan lumba-lumba untuk mencari makan sudah berlangsung lebih dari 140 tahun lamanya. (Bianca Romeu/ Universidade Federal de Santa Catarina)

Nationalgeographic.co.id—Kita sering mendapat kabar bahwa lumba-lumba, sering terancam karena aktivitas nelayan. Tidak jarang, di Indonesia sendiri, lumba-lumba terjerat jaring nelayan saat menangkap ikan atau bekas jaring yang terbengkalai di laut.

Alih-alih manusia versus lumba-lumba di laut, di Brasilia justru punya kebiasaan menarik. Di sana, nelayan dan lumba-lumba hidung botol bekerja sama untuk menangkap ikan yang lebih banyak demi sumber penghidupan masing-masing.

“Kami tahu bahwa para nelayan sedang mengamati perilaku lumba-lumba untuk menentukan kapan harus menebar jala, tetapi kami tidak tahu apakah lumba-lumba secara aktif mengoordinasikan perilaku mereka dengan para nelayan,” kata Mauricio Cantor, pemimpin penelitian dari Oregon State University’s Marine Mammal Institute.

Melansir dari laman Oregon State University, para peneliti mempelajari praktik ini selama 15 tahun. Aktivitas nelayan dan lumba-lumba dipantau oleh para peneliti dengan drone dan pencitraan bawah air. Kedua belah pihak benar-benar bekerja sama mendapatkan hasil yang besar, keduanya sama-sama untung mendapatkan makanan.

"Ini menunjukkan bahwa ini adalah interaksi yang saling menguntungkan antara manusia dan lumba-lumba,” kesan Cantor.

Lewat kajiannya, para tim mendapati bahwa tradisi ini sudah berlangsung lebih dari 140 tahun lamanya di kota Laguna, pesisir selatan Brasilia. Tradisi kerja sama ini diturunkan dari generasi ke generasi antara nelayan dan lumba-lumba hidung botol itu sendiri.

Cantor dan tim mendapati catatan sejarah dan yang serupa dari perilaku ini di beberapa lokasi di tempat lain di dunia. Mereka mempublikasikan praktik kerja sama nelayan dan lumba-lumba ini dalam Proceedings of the National Academy of Sciences 30 Januari 2023, bertajuk "Foraging synchrony drives resilience in human–dolphin mutualism".

Para peneliti juga melihat faktor konsekuensi yang akan dialami lumba-lumba dan para nelayan di sana. Cantor dan tim menggabungkan pantauan drone, hidrofon, dan kamera bawah air untuk melihat mekanisme kerja sama dua pihak itu. Selain itu, survei demografis jangka panjang lumba-lumba hidung botol, serta wawancara dan mengamati perilaku nelayan.

Hasilnya, mencari makanan antara nelayan dan lumba-lumba hidung botol di Laguna, meningkatkan kemungkinan menangkap dan jumlah hasil tangkapan. Manfaat ini mendukung kelangsungan hidup lumba-lumba yang terlibat dalam penangkapan ikan yang bekerja sama dengan nelayan.

Para peneliti menemukan peningkatan kelangsungan hidup lumba-lumba sebesar 13 persen. Sedangkan nelayan, tradisi ini sosial ekonominya juga meningkat dengan segi tradisi dan hasil tangkapan. Cantor dan tim juga menemukan, pemahaman para nelayan tentang tradisi menangkap ikan cocok dengan bukti yang dihasilkan melalui alat dan metode ilmiah.

“Dari sudut pandang nelayan, praktik ini adalah bagian dari budaya masyarakat dalam segala hal,” kata Cantor. “Mereka memperoleh keterampilan yang diturunkan dari nelayan lain dan pengetahuan disebarkan melalui pembelajaran sosial. Mereka juga merasa terhubung dengan tempat ini dan memiliki rasa memiliki terhadap komunitas.”

Penangkapan ikan kooperatif tradisional antara lumba-lumba hidung botol Lahille dan nelayan penangkap jaring artisanal di Laguna, Brasilia. (Fabio G. Daura-Jorge/Universidade Federal de Santa Catarina)