Tanah yang Tercemar Polusi Udara Berkontribusi pada Perubahan Iklim

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 4 Februari 2023 | 10:00 WIB
Polusi udara ternyata menyebabkan tanah kering melepaskan karbon ke atmosfer sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim. (AP Photo/David Goldman)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penelitian baru dari University of California, Riverside (UC Riverside) menunjukkan bahwa nitrogen yang dilepaskan oleh mesin bertenaga gas menyebabkan tanah kering melepaskan karbon. Karbon ini kemudian terlepas ke atmosfer sehingga dapat berkontribusi pada perubahan iklim.

Manufaktur industri, praktik pertanian, dan kendaraan telah membakar bahan bakar fosil yang melepaskan nitrogen ke udara. Akibatnya, tingkat nitrogen di atmosfer bumi meningkat tiga kali lipat sejak tahun 1850.

Tim peneliti ingin memahami apakah nitrogen ekstra ini memengaruhi kemampuan tanah menahan karbon dan menjaganya agar tidak menjadi gas rumah kaca.

“Karena nitrogen digunakan sebagai pupuk untuk tanaman, kami berharap nitrogen tambahan akan mendorong pertumbuhan tanaman serta aktivitas mikrob, sehingga meningkatkan karbon yang terserap ke dalam tanah,” kata Peter Homyak, anggota tim penulis studi ini yang menjabat sebagai lektor di Departemen Ilmu Lingkungan UC Riverside, seperti dikutip dari keterangan tertulis kampus tersebut.

Tim menemukan bahwa dalam kondisi tertentu, nitrogen ekstra menyebabkan tanah lahan kering menjadi asam dan melepaskan kalsium. Kalsium mengikat karbon, dan kedua elemen tersebut kemudian meninggalkan tanah bersama-sama. Temuan studi ini telah dirinci dalam jurnal Global Change Biology.

Dalam studi ini, tim peneliti mengambil sampel tanah dari cagar ekologi dekat San Diego dan Irvine, California, yang telah dipupuk dengan nitrogen dalam percobaan jangka panjang. Ini memungkinkan mereka untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak nitrogen yang ditambahkan, dan memperhitungkan setiap efek yang mereka amati.

Dalam banyak kasus, nitrogen dapat memengaruhi proses biologis yang pada gilirannya memengaruhi cara tanah menyimpan karbon. Proses tersebut termasuk memicu pertumbuhan tanaman, serta memperlambat mikrob yang membantu membusukkan benda mati di dalam tanah.

Apa yang tidak diperkirakan para peneliti adalah efek besar pada penyimpanan karbon melalui cara abiotik, atau non-biologis.

Baca Juga: Bukan Besok atau Lusa, Dampak Perubahan Iklim Terjadi Hari Ini!

Baca Juga: Tanda Bahaya, Pelangi Akan Lebih Sering Muncul akibat Perubahan Iklim

Baca Juga: Ekosistem Karbon Biru, Modal Alami untuk Kendalikan Perubahan Iklim

Baca Juga: Perubahan Iklim Mengancam Status 'Negara Kepulauan' Indonesia