Dunia Hewan: Induk Orca Membayar Mahal Untuk Merawat Anak Jantannya

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 11 Februari 2023 | 08:00 WIB
Induk orca mengorbankan keberhasilan reproduksi mereka sendiri untuk merawat anak jantannya hingga dewasa. (NOAA)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru ilmuwan University of Exeter mengungkapkan bahwa induk orca atau paus pembunuh harus membayar mahal untuk merawat anak jantannya. Mereka mengorbankan keberhasilan reproduksi mereka sendiri untuk merawat anak jantannya hingga anaknya dewasa sepenuhnya.

Memang bukan hal yang aneh bagi orang tua untuk mengorbankan kesuksesan masa depan mereka sendiri demi keturunan mereka, terutama para anak jantan. Namun bagi paus pembunuh, mereka menganggap membesarkan anak jantan sebagai hal ekstrem yang mengejutkan.

Rincian studi baru tersebut telah diterbitkan di Current Biology pada 8 Februari 2023 dengan judul "Costly lifetime maternal investment in killer whales."

"Kami telah mengetahui selama lebih dari satu dekade bahwa paus pembunuh jantan dewasa bergantung pada induknya untuk menjaga mereka tetap hidup, tetapi tidak pernah jelas apakah induknya membayar biaya untuk itu," kata Michael N. Weiss dari University of Exeter, Inggris, dan Pusat Penelitian Paus di AS.

Sekarang, Weiss dan rekan-rekannya mempelajari sekelompok paus pembunuh yang dikenal sebagai populasi "penduduk selatan" di perairan pesisir negara bagian Washington dan British Columbia, yang telah dipantau sejak 1976 oleh Center for Whale Research.

Mereka ingin mengetahui apakah perawatan yang diterima paus dewasa, dan terutama jantan, dari induknya memiliki biaya yang terukur.

"Komunitas paus pembunuh penduduk selatan memberikan kesempatan luar biasa untuk menyelidiki pertanyaan semacam ini," kata Weiss.

"Seiring dengan sistem sosial mereka yang aneh, di mana jantan dan betina tinggal bersama induk mereka seumur hidup, mereka juga merupakan salah satu populasi mamalia liar yang paling banyak dipelajari di mana pun di dunia."

Weiss dan rekan-rekannya mempelajari sekelompok paus pembunuh yang dikenal sebagai populasi (Flipboard)

Analisis mereka terhadap data yang ada menemukan korelasi negatif yang kuat antara jumlah anak betina yang disapih dan kemungkinan tahunan mereka menghasilkan anak sapih yang layak.

Biaya itu tidak berkurang seiring bertambahnya usia anak jantan mereka. Menurut mereka mendukung hipotesis bahwa merawat anak jantan hingga dewasa itu mahal secara reproduktif.

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya, Paus Pembunuh Terlihat Membunuh Paus Biru