Jejak Kaki Dinosaurus Karnivora Terbesar Jurassic Ditemukan di Inggris

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 18 Februari 2023 | 17:00 WIB
Jejak kaki dinosaurus theropoda berusia 166 juta tahun dari Cleveland Basin, Yorkshire, Inggris. (Hudson et al.)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi melaporkan telah menemukan jejak kaki dinosaurus karnivora era jura di Inggris. Jejak kaki tersebut sepanjang 80 cm, jejak kaki terbesar dari jenisnya yang kemungkinanan dibuat oleh ichnogenus Megalosauripus, dinosaurus theropoda dari kelompok Megalosaurus.

Cetakan jejak kaki dinosaurus tersebut sangat besar dan langka dengan cakar, digit empuk ditemukan oleh arkeolog lokal Marie Woods pada April 2021.

Itu berasal dari Anggota Long Nab dari Formasi Scalby, Cleveland Basin, Yorkshire, Inggris.

“Saya tidak percaya apa yang saya lihat, saya harus melakukan pengambilan ganda. Saya telah melihat beberapa cetakan yang lebih kecil ketika keluar dengan teman-teman, tetapi tidak ada yang seperti ini, ”kata Woods, salah satu penulis makalah yang diterbitkan dalam Proceedings of the Yorkshire Geological Society.

"Saya tidak bisa lagi mengatakan bahwa 'para arkeolog tidak membuat dinosaurus.' Pada saat penemuan, hal itu menimbulkan banyak minat publik dan saya kewalahan dengan pesan di media sosial dari orang-orang di seluruh dunia."

Jejak kaki pemecah rekor berukuran panjang 80 cm, menjadikannya jejak kaki dinosaurus terbesar dari jenisnya yang pernah ditemukan di Yorkshire.

Itu dibuat oleh dinosaurus theropoda yang sangat besar, mungkin megalosaurid, setidaknya 166 juta tahun yang lalu (periode Jurassic).

“Pantai timur Yorkshire dikenal sebagai Pantai Dinosaurus karena alasan yang sangat bagus,” kata rekan penulis Mike Romano, ahli paleontologi di Sheffield University.

“Sejumlah besar jejak dinosaurus, mulai dari ribuan, telah ditemukan. Alhasil, bentangan garis pantai ini dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk jejak kaki dinosaurus.”

Imresi seniminan, jejak dinosaurus Yorkshire dibuat oleh dinosaurus mirip Megalosaurus. (James McKay)

Meskipun pertama kali didokumentasikan pada tahun 1907, baru pada tahun 1980-an penemuan dilaporkan secara teratur (oleh amatir serta ahli geologi profesional), hingga saat ini sekitar 25 jenis jejak kaki yang berbeda telah dikenali.

"Meskipun jenis yang berbeda ini tidak selalu mewakili jumlah yang sama dari dinosaurus yang berbeda, mereka menunjukkan ekosistem hewan yang beragam termasuk karnivora dan herbivora yang menjelajahi dataran pantai Jura dan kompleks fluvial sekitar 160-175 juta tahun yang lalu," katanya.