Panduan untuk Monyet dan Manusia: Koneksi Sosial Menurun Ketika Lansia

By Ricky Jenihansen, Rabu, 22 Februari 2023 | 15:00 WIB
Jaringan sosial kera yang saling merawat di Cayo Santiago. (Lauren Brent)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru, oleh tim internasional yang dipimpin oleh University of Exeter menemukan koneksi dan kohesi sosial menurun dalam populasi lanjut usia. Kesimpulan itu diketahui peneliti setelah mengamati kehidupan sosial primata di 'Pulau Monyet'.

Mereka mengamati monyet rhesus di Cayo Santiago yang dikenal sebagai Pulau Monyet di Puerto Rico. Temuan mereka telah diterbitkan di Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa monyet betina "secara aktif mengurangi" ukuran jejaring sosial mereka dan memprioritaskan koneksi yang ada seiring bertambahnya usia, sesuatu yang juga terlihat pada manusia.

Mereka juga menganalisis bagaimana hal ini memengaruhi keseluruhan kohesi dan hubungan kelompok monyet yang lebih tua.

Sementara populasi monyet yang diamati (yang memiliki tidak lebih dari 20 persen individu "tua") tidak terpengaruh pada tingkat kelompok, simulasi komputer menunjukkan proporsi monyet tua yang lebih tinggi akan mengurangi kohesi dan koneksi.

“Bagi manusia dan monyet, berfokus pada teman dekat dan keluarga di kemudian hari dapat membawa berbagai manfaat,” kata Erin Siracusa, dari Pusat Penelitian Perilaku Hewan di Exeter.

"Studi kami bertujuan untuk mengetahui apa efek langsung dari perubahan terkait usia individu ini terhadap seberapa baik masyarakat terhubung secara keseluruhan."

"Kami memiliki informasi tentang enam kelompok monyet yang dikumpulkan selama delapan tahun, mewakili total 19 jejaring sosial."

Hal pertama yang mereka temukan, katanya, adalah bahwa monyet betina yang lebih tua adalah pemberi pengaruh yang buruk, dengan memiliki lebih sedikit teman.

Betina yang lebih tua kurang mampu menyebarkan pengetahuan dan pengalaman di luar lingkaran sosial langsung mereka.

Para peneliti menguji apakah jaringan monyet dengan lebih banyak betina tua (lebih dari 18 tahun) kurang kohesif dan terhubung.

Dua kera betina saling memeluk di Cayo Santiago. (Lauren Brent)