Inilah Mars, Dewa Perang dan 'Bapak' Pelindung Rakyat Romawi

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 12 Maret 2023 | 11:00 WIB
Mars, Dewa perang Romawi. (World History)

Nationalgeographic.co.id – Dewa perang Romawi, Mars sering disetarakan dengan dewa Yunani Ares, tetapi keduanya sangat berbeda. 

Sejak awal, Mars sangat berbeda dengan Ares pada orang Yunani. Dia bukanlah dewa yang haus darah, brutal, dan penghancur, tetapi Mars adalah pelindung dan bapak bagi rakyat Roma.

Ini membuatnya jauh lebih penting dalam kehidupan sehari-hari daripada Ares di Yunani. Meskipun hanya tentara yang memiliki alasan untuk berdoa kepada Ares, Mars adalah salah satu dewa utama agama negara Romawi.

Dia begitu penting sehingga situs keramatnya menjadi pusat kehidupan sipil. Nama dan simbolismenya terus digunakan setiap hari di dunia modern, meskipun penutur bahasa Inggris tidak selalu menyadarinya.

Jadi bagaimana Mars terlihat di Roma dan bagaimana dia terus memengaruhi kehidupan kita saat ini?

Asal Usul Mars di Italia

Mitologi Romawi berasal dari dua sumber berbeda. Suku-suku Latin Italia awal hidup berdampingan dengan banyak budaya asli lainnya. Yang paling terkenal adalah Etruria karena memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan agama Romawi.

Etruria dan budaya Italia lainnya memiliki jajaran dewa mereka sendiri. Namun, apa yang tampaknya kurang dari mereka adalah mitologi yang kohesif. 

Dewa-dewa asli Italia tampaknya merupakan sosok yang jauh tanpa bentuk, kepribadian, atau hubungan manusia. Mereka lebih abstrak daripada dewa-dewa yang terdefinisi dengan baik dari banyak budaya Mediterania lainnya.

Sepanjang perkembangan awal Roma, koloni Yunani dan jalur perdagangan di Italia memaparkan penduduk asli pada agama dan adat istiadat mereka. Berbeda dengan orang Italia, orang Yunani memiliki mitologi yang rumit, para dewa muncul sebagai karakter yang mirip manusia.

Bangsa Romawi awal menggabungkan kedua tradisi ini. Mitologi yang menggambarkan tindakan dan hubungan para dewa diambil dari Yunani, tetapi para dewa yang dimasukkan ke dalam peran tersebut sering kali menunjukkan asal-usul Latin dan Etruria.

Mars kemungkinan mengambil namanya dari dewa Etruscan, Maris. Dewa anak ini, bagaimanapun, dipengaruhi oleh mitologi Yunani dan merupakan putra Hercule, bentuk Hercules dari Etruria, dan menjalani ritual pemurnian yang sama dengan Achilles muda.