Ada Warisan Genetik Langka Kekaisaran Ottoman Sebab Pernikahan Kerabat

By Ricky Jenihansen, Selasa, 21 Maret 2023 | 09:00 WIB
Ilustrasi, pernikahan kerabat di masa Kekaisaran Ottoman menyisakan mutasi genetik langka. (Alamy)

Nationalgeographic.co.id—Ada banyak warisan dan sejarah dari Kekaisaran Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah yang memukau dunia. Peradaban dengan kekuatan militer terkuat di masanya itu meninggalkan jejak dari segi politik hingga hukum yang masih dipelajari hingga saat ini.

Tapi ada satu warisan yang masih menjadi misteri dari masa kekhalifahan Islam terakhir itu, yaitu warisan genetik yang menyebabkan gangguan otak langka. Gangguan neurodegeneratif itu diidentifikasi muncul sekitar di masa Kekaisaran Ottoman.

Tim peneliti internasional telah mengungkapkan hal itu, ada mutasi tunggal pada satu individu yang lahir selama Kekaisaran Ottoman di Turki sekitar 16 generasi yang lalu.

Temuan tersebut telah dipublikasikan secara ilmiah di jurnal Cell dengan judul "CLP1 Founder Mutation Links tRNA Splicing and Maturation to Cerebellar Development and Neurodegeneration."

Dijelaskan, bahwa penyebab genetik dari kelainan langka ini ditemukan selama analisis besar-besaran terhadap genom individu dari ribuan anak Turki yang menderita kelainan saraf.

“Semakin banyak kita belajar tentang mekanisme dasar di balik bentuk degenerasi saraf yang langka, semakin banyak wawasan baru yang dapat kita peroleh tentang penyakit yang lebih umum seperti Penyakit Alzheimer atau Penyakit Lou Gehrig,” kata Murat Gunel, rekan penulis.

Gunel adalah Profesor Bedah Saraf Nixdorff-Jerman, dan profesor genetika dan neurobiologi di Yale. Ia merupakan salah satu rekan penulis dari dua makalah yang diterbitkan dalam jurnal yang mendokumentasikan efek merusak dari mutasi pada gen CLP1 itu.

Gunel dan rekannya di Yale Center for Mendelian Genomics bersama dengan kelompok Joseph Gleeson di University of California-San Diego membandingkan hasil pengurutan DNA lebih dari 2.000 anak dari keluarga yang berbeda dengan gangguan perkembangan saraf.

Warisan genetik dari masa Kekaisaran Ottoman menyebabkan gangguan otak langka. (Yale)

Dalam empat keluarga yang tampaknya tidak berkerabat, mereka mengidentifikasi mutasi yang sama persis pada gen CLP1.

Bekerja dengan kelompok Frank Bass dari Belanda, para peneliti juga mempelajari bagaimana mutasi CLP1 mengganggu transfer informasi yang dikodekan dalam gen ke mesin pembuat protein sel.

Penemuan mutasi identik dalam keluarga yang tampaknya tidak berhubungan yang berasal dari Turki timur menunjukkan mutasi leluhur, yang berasal dari beberapa generasi, catat para peneliti.