Dunia Hewan: Mengapa Anjing Sering Terlihat Memiringkan Kepalanya?

By Ricky Jenihansen, Minggu, 26 Maret 2023 | 07:00 WIB
Studi dunia hewan menunjukkan, bahwa anjing memiringkan kepala terkait dengan suara yang dianggap penting. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Anjing seringkali terlihat memiringkan kepalanya, seakan dia sedang memperhatikan sesuatu dan mempertanyakannya. Apakah itu tanda kecerdasan? Atau apakah itu berarti sesuatu yang berbeda?

Dalam lukisan ikonik "His Master's Voice", seekor anjing terrier memiringkan kepalanya saat dia mendengarkan suara pemiliknya yang berasal dari gramofon.

Gestur itu adalah salah satu gerakan yang biasa dilakukan oleh banyak pemilik anjing, tetapi mengapa anjing memiringkan kepalanya?

Dalam sebuah studi tahun 2021 di jurnal Animal Cognition, para peneliti di Hongaria melakukan penyelidikan ilmiah pertama tentang memiringkan kepala pada anjing.

Peneliti menemukan bahwa anjing memiringkan kepala saat mengingat detail yang menurut mereka bermakna.

"Memiringkan kepala pada anjing adalah perilaku yang cukup dikenal, tetapi hal yang paling mengejutkan bagi saya adalah tidak ada seorang pun sebelum kami yang menyelidikinya," penulis utama studi Andrea Sommese mengatakan kepada Live Science.

Sommese adalah seorang etologis (ilmuwan yang mempelajari perilaku hewan) di Eötvös Loránd University di Budapest.

Dalam studi awal tahun 2021 di jurnal Scientific Reports dengan judul "Word learning dogs (Canis familiaris) provide an animal model for studying exceptional performance", Sommese dan rekannya menganalisis video dari seluruh dunia.

Para ilmuwan menemukan bahwa anjing berbakat memiringkan kepala mereka 43%. (Getty Images)

Video itu menunjukkan pemilik anjing meminta hewan peliharaan mereka untuk mengambilkan mainan dengan menyebutkan namanya.

Meskipun 33 anjing tidak dapat mempelajari nama mainan baru apa pun setelah tiga bulan latihan, tujuh anjing berbakat dapat mempelajari lebih dari 10 nama selama waktu itu, dengan satu border collie betina, Whisky, mengidentifikasi 54 mainan dengan benar.

Saat melakukan penelitian, para peneliti memperhatikan bahwa semua 40 anjing memiringkan kepala selama pengujian. Para ilmuwan selanjutnya menyelidiki kapan anjing melakukan gerakan memiringkan ini.