Mengenal Al-Khawarizmi, Ilmuwan Muslim Jenius Penemu Aljabar

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 8 April 2023 | 13:00 WIB
Al-Khwarizmi ilmuwan muslim penemu aljabar. (Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id – Muḥammad Ibn Musa Al-Khawarizmi atau Al-Khawarizmi dikenal sebagai bapak aljabar. Ilmuwan muslim ini adalah salah satu pemikir paling berpengaruh sepanjang masa.

Al-Khawarizmi juga dikenal sebagai ahli dalam bidang matematika, astronomi dan geografi. Dia telah terbukti menjadi kunci selama berabad-abad kemajuan di seluruh dunia.

Masa muda

Al-Khawarizmi lahir sekitar tahun 780 M. Meskipun tempat kelahirannya tidak diketahui secara pasti, Al-Khawarizmi dalam namanya dapat berarti penduduk asli Khawarazm, yang pada saat itu merupakan bagian dari Iran Raya, tetapi sekarang bagian dari Turkmenistan dan Uzbekistan, begitu banyak yang percaya dia dibesarkan di daerah itu.

Pekerjaan Awal

Pada masa pemerintahan penguasa Abbasiyah keenam Al Ma'mun, putra Harun Al Rashid, Baghdad menjadi pusat pembelajaran sejati. Al Ma'mun mengubah akademi 'Bait Al Hikmah' (Rumah Kebijaksanaan) menjadi pusat utama penelitian dan pengajaran ilmiah dengan mengundang beberapa sarjana, termasuk Al Khawarizmi, untuk bekerja di sana.

Jadi dia dan keluarganya pindah ke selatan Baghdad karena Al Mamun ingin dia menjadi astronom istananya. Akademi tersebut memiliki perpustakaan manuskrip unik yang menyaingi dan bahkan melampaui Alexandria, yang menyediakan bagi para sarjana Muslim segala sesuatu yang berharga dari Byzantium. Ini menggembirakan Al Khawarizmi, yang pertama kali menerjemahkan beberapa karya filosofis dan ilmiah Yunani, sebelum mendalami studi geometri dan astronomi.

Mohammad Musa Al Khawarizmi mempelajari aljabar, geometri, dan astronomi di sana dan dengan demikian memulai perjalanannya meningkatkan dan mencapai banyak bidang ilmiah.

Setelah Muhammad Musa Al Khawarizmi menerima pendidikannya ia dipengaruhi oleh ulama lain bernama Abu Kamel. Al Khawarizmi, setelah dipengaruhi oleh ulama tersebut, kemudian menciptakan beberapa cabang matematika.

Pendiri aljabar

Istilah aljabar dan algoritma berasal dari nama Al Khawarizmi dan karyanya. Latinisasi namanya sebagai Algoritmi menyebabkan istilah algoritma. Kata aljabar berasal dari al-jabr dalam judul sebuah buku penting yang ditulisnya sekitar tahun 820 M, al-Kitāb al-Mukhtaṣar fī Ḥisāb al-Jabr wal-Muqābalah, atau Buku Rangkuman Perhitungan dengan Penyelesaian dan Penyeimbangan. Buku ini memperkenalkan metode dasar untuk memecahkan persamaan dan mendirikan disiplin aljabar.

Aljabar adalah kompilasi aturan, bersama dengan demonstrasi, untuk menemukan solusi persamaan linier dan kuadrat berdasarkan argumen geometris intuitif, bukan notasi abstrak yang sekarang dikaitkan dengan subjek.