Gunung Batu Benau, Calon Taman Bumi yang Dihuni Suku Punan Batu

By Utomo Priyambodo, Selasa, 28 Maret 2023 | 15:09 WIB
Salah satu gua di kawasan Gunung PBatu Benau. Suku Punan Batu hidup di dalam gua-gua sekitar kawasan ini. (YKAN)

Nationalgeographic.co.id—Kehidupan berburu dan meramu identik dengan manusia purba. Namun Suku Punan Batu yang menghuni wilayah Gunung Batu Benau masih hidup sebagai peramu dan pemburu.

Ya, merekalah suku pemburu-peramu terakhir di Kalimantan. Mereka hidup di dalam gua-gua seperti manusia purba.

Gunung Batu Benau tempat hidup Suku Punan Batu merupakan gugusan bentuk lahan (landform) karst yang membentang dari utara ke selatan. Gugusan ini memanjang sekitar 15 kilometer dengan lebar rata-rata 4 kilometer.

Sebagian besar kawasan karst Gunung Batu Benau terletak di wilayah administratif Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Sisanya berada di wilayah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Saat ini pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sedang berupaya melestarikan dan memanfaatkan keunikan geologi, budaya, dan hayati di dan sekitar Gunung Batu Benau. Caranya, menjadikan wilayah itu sebagai Taman Bumi atau Geopark.

Taman Bumi adalah wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara berkelanjutan. Selain itu, wilayah ini juga mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sana.

Ada istilah Taman Bumi Nasional yang ditetapkan oleh Komite Nasional Geopark Indonesia. Ada pula istilah Taman Bumi Global yang ditetapkan oleh UNESCO.

Dengan menyandang status sebagai Taman Bumi, Gunung Batu Benau di Provinsi Kalimantan Utara diharapkan bakal menjadi destinasi baru untuk pariwisata, edukasi, dan konservasi alam.

“Menjadikannya status taman bumi, adalah mimpi kami untuk Batu-Benau,” ujar Kepala Biro Perekonomian Provinsi Kalimantan Utara Rohadi dalam acara Kelompok Diskusi Terpumpun dan Kunjungan Lapangan bertajuk “Menggali Potensi Warisan Bumi Kabupaten Bulungan untuk Pengembangan Geopark Gunung Batu Benau” pada Jumat, 17 Maret 2023.

Para peserta yang hadir dalam acara FGD itu mewakili organisasi perangkat daerah yang terlibat dalam pengusulan status Taman Bumi bagi Gunung Batu Benau. Setelah diskusi, peserta mengunjungi dan tinggal semalam bersama masyarakat adat Punan Batu yang mendiami kawasan karst Gunung Batu Benau.

Kunjungan lapangan dilakukan ke beberapa potensi warisan geologi di sekitar kawasan Gunung Batu Benau. “Kami berharap para pihak yang turut serta dapat melihat langsung lokasi-lokasi potensi geosite untuk pengembangan geopark di Bulungan,” ujar Rohadi.

Salah satu gua karst yang ada di kawasan Gunung Batu Benau di Kalimantan Utara. Kawasan ini hendak dijadikan Taman Bumi atau Geopark. (YKAN)