Kisah Kasim Kekaisaran Tiongkok yang Licik, Korup, dan Haus Kekuasaan

By Sysilia Tanhati, Selasa, 4 April 2023 | 13:39 WIB
Seorang kasim sering dikasihani akibat praktik kebiri yang diterapkan pada mereka. Faktanya, kasim mampu memengaruhi Kaisar Tiongkok. Mereka korup, licik, dan haus kekuasaan sepanjang sejarah Kekaisaran Tiongkok. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Sekelompok kasim melayani keluarga Kekaisaran Tiongkok. Mereka tampak seperti kelompok yang patut dikasihani karena harus melakukan pengebirian demi bekerja di istana. Di sisi lain, tidak sedikit kasim Tiongkok yang mampu memengaruhi Kaisar Tiongkok dan politik. Berikut sederet kasim Kekaisaran Tiongkok yang licik, korip, dan haus kekuasaan.

Liu Jin, kasim paling korup sepanjang sejarah Kekaisaran Tiongkok

Ia adalah kasim kepercayaan Kaisar Tiongkok Zhengde dari Dinasti Ming. “Liu Jin terkenal sebagai salah satu pejabat paling korup dalam sejarah Kekaisaran Tiongkok,” tulis Ced Yong di laman Owlcation.

Pemimpin kelompok kasim Tiongkok yang kuat yang dikenal sebagai Delapan Harimau, Liu Jin sangat lihai. Ia mendapatkan kepercayaan besar Zhengde dengan sepenuhnya mengeksploitasi sifat buruk kaisar muda.

Saking dipercayanya, Liu Jin memiliki tempat tinggalnya sendiri. Ia bahkan diizinkan membawa pulang petisi kekaisaran untuk ditinjau. Meski tak lebih dari seorang pelayan, ia juga ditugasi mengatur dan melaksanakan serangkaian reformasi politik.

Pada saat yang sama, Liu Jin memperluas komunitas kasim di dalam Kota Terlarang. “Sang kasim licik dan rakus itu juga memberikan posisi penting kepada kerabatnya,” tambah Yong. Dengan ini, Liu Jin mengonsolidasikan kekuatan dan kekayaan yang fenomenal. Pada puncaknya, kasim rakus bukan hanya orang paling berpengaruh di Kekaisaran Tiongkok, namun ia juga orang terkaya.

Untungnya bagi Dinasti Ming, Liu Jin akhirnya dikhianati oleh salah satu dari Delapan Macan. Kaisar Zhengde mendapat laporan bahwa Liu Jin merencanakan pemberontakan. Meskipun kaisar awalnya tidak percaya, dia akhirnya mengasingkan Liu Jin. Akhirnya, Liu Jin dijatuhi hukuman mati dengan metode eksekusi death by a thousand cuts yang mengerikan.

Menurut catatan sejarah, sebanyak 12.057.800 tael emas dan 259.583.600 tael perak disita dari Kediaman Liu. Sangat mencengangkan. Ini membuat Wall Street Journal memasukkan Liu Jin sebagai salah satu dari 50 orang terkaya dalam 1.000 tahun terakhir.

Zhang Rang, kasim yang menjadi mitra Kaisar Tiongkok dalam kejahatan

Zhang Rang adalah anggota terkemuka dari Sepuluh Petugas. Itu adalah sekelompok kasim Kekaisaran Tiongkok yang memegang kekuasaan besar selama tahun-tahun terakhir Dinasti Han Timur.

Orang kepercayaan Kaisar Han Lingdi yang tidak bermoral, Zhang Rang adalah mitra kaisar dalam melakukan kejahatan. Bersama kasim, kaisar memberlakukan pajak luar biasa dan menjual posisi kekaisaran. Tindakan ini tidak lain untuk membiayai hiburan dan rekonstruksi istana yang mewah

Kasim jahat ini sangat dihargai dan dipercaya oleh kaisar. Kaisar Han Lingdi bahkan menghormatinya dengan panggilan ayah. Jelas, ini tindakan yang menggelikan dan tidak pantas.