Karena Pemanasan Global, Lapisan Es Menyusut Hingga 600 Meter per Hari

By Ricky Jenihansen, Kamis, 6 April 2023 | 10:00 WIB
Citra dasar laut beresolusi tinggi mengungkap bekas lapisan es mengalami penurunan cepat dengan kecepatan 50 hingga 600 meter per hari. (Florian Ledoux)

Nationalgeographic.co.id—Citra dasar laut beresolusi tinggi telah mengungkap seberapa cepat lapisan es menyusut. Selama periode pemanasan global, mereka menemukan, bahwa lapisan es menyusut hingga 600 meter per hari.

Laju penurunan tersebut ternyata 20 kali lebih cepat dari yang pernah diukur sebelumnya. Temuan tersebut merupakan hasil analisis dari tim peneliti internasional, yang dipimpin oleh Christine Batchelor dari Newcastle University, Inggris.

Temuan mereka menunjukkan seberapa cepat bekas lapisan es yang membentang dari Norwegia menyusut pada akhir Zaman Es terakhir, sekitar 20.000 bertahun-tahun lalu.

Tim tersebut, yang juga termasuk para peneliti dari Cambridge university dan Loughborough di Inggris dan Survei Geologi Norwegia, memetakan lebih dari 7.600 bentang alam berskala kecil yang disebut 'corrugation ridges' di dasar laut.

Punggungan tersebut tingginya kurang dari 2,5 meter dan berjarak antara sekitar 25 dan 300 meter. Bentang alam ini dipahami telah terbentuk ketika margin lapisan es yang menyusut bergerak naik turun mengikuti pasang surut, mendorong sedimen dasar laut ke punggung bukit setiap air surut.

Mengingat bahwa dua pegunungan akan terbentuk setiap hari (di bawah dua siklus pasang surut per hari), para peneliti dapat menghitung seberapa cepat lapisan es menyusut.

Temuan tersebut telah dilaporkan dalam jurnal Nature dengan judul "Rapid, buoyancy-driven ice-sheet retreat of hundreds of metres per day" pada tanggal 5 April 2023.

Citra tersebut menunjukkan bekas lapisan es mengalami penurunan cepat dengan kecepatan 50 hingga 600 meter per hari.

Penyusutan ini jauh lebih cepat daripada tingkat penyusutan lapisan es mana pun yang telah diamati dari satelit atau disimpulkan dari bentang alam serupa di Antartika.

“Penelitian kami memberikan peringatan dari masa lalu tentang kecepatan lapisan es yang secara fisik mampu menyusut,” kata Batchelor.

"Hasil kami menunjukkan bahwa gelombang mundur cepat bisa jauh lebih cepat daripada apa pun yang telah kami lihat sejauh ini."

Informasi tentang bagaimana lapisan es berperilaku selama periode pemanasan global akibat perubahan iklim yang lalu penting untuk menginformasikan simulasi komputer yang memprediksi lapisan es dan perubahan permukaan laut di masa depan.