Ragam Tradisi Suka Cita Perayaan Idulfitri di Berbagai Belahan Dunia

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 21 April 2023 | 11:00 WIB
Tradisi unik perayaan Idul Fitri di berbagai negara berbeda. (Pexels/Rodnae)

Nationalgeographic.co.id–Perayaan Idulfitri  di seluruh dunia menjadi perayaan kembalinya kehangatan bersama keluarga dan teman. Setiap belahan dunia memiliki cara dan tradisinya sendiri untuk mengekspresikan perayaan ini.

Idulfitri sebagai "hari raya berbuka puasa" merupakan saat bersuka ria bersama keluarga dan sahabat. Sebuah perayaan sula cita usai menjalankan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh.

Perayaan ini menandai akhir bulan suci Ramadan. Diawali ketika jutaan umat Islam antusias menunggu penampakan hilal, yang menentukan akhir perjalanan puasa mereka.

Umat ​​muslim di seluruh dunia menandai hari itu dengan mengambil bagian dalam sejumlah kegiatan. 

Idulfitri dimulai dengan ibadah bersama, dan makan besar biasanya menjadi acara utama. Namun, terdapat banyak cara dan tradisi yang digunakan orang untuk merayakan hari raya ini.

Proses sholat subuh, zakat fitrah, dan ziarah merupakan amalan yang lumrah bagi umat Islam di manapun. Terlepas dari praktik-praktik ini, tradisi dan kebiasaan unik hadir di antara komunitas muslim di seluruh dunia.

Simak ragam tradisi Idulfitri di seluruh dunia, namun disatukan dengan perasaan gembira.

Indonesia

Idulfitri dikenal sebagai Lebaran di negeri ini. Perayaannya menjadi hari libur terpenting bagi orang Indonesia. Mirip dengan negara muslim lainnya, orang Indonesia juga merayakannya dengan doa, pertemuan, dan reuni keluarga. 

Salah satu tradisi yang paling utama adalah mudik. Mereka yang meninggalkan kampung halamannya untuk bekerja di kota-kota besar, pada hari itu kembali ke kampung asal untuk menuntaskan Idulfitri bersama keluarga.

Ritual yang disebut Halal Bihalal juga dilakukan pada Idulfitri atau selama bulan Syawal. Tradisi ini disertai permintaan maaf dari semua orang termasuk teman, kolega, tetangga, dan kerabat.

Anak-anak biasanya diberi 'salam tempel' berupa amplop uang berwarna-warni oleh orang tua atau kerabat yang lebih tua ketika saling berkunjung.