ChatGPT Mengungguli Dokter dalam Memberikan Saran Empati pada Pasien

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 29 April 2023 | 08:00 WIB
ChatGPT mampu mengungguli dokter dalam memberikan saran empatik berkualitas tinggi untuk pertanyaan pasien. (UC San Diego)

Nationalgeographic.co.id - Studi baru dari University of California San Diego menunjukkan bahwa ChatGPT mampu mengungguli dokter dalam memberikan saran empati berkualitas tinggi untuk pertanyaan pasien. Temuan ini memberikan spekulasi luas tentang kemungkinan asisten Kecerdasan Buatan atau AI seperti ChatGPT dapat digunakan dalam pengobatan.

Temuan tersebut telah dijelaskan dalam JAMA Internal Medicine dengan judul "Comparing Physician and Artificial Intelligence Chatbot Responses to Patient Questions Posted to a Public Social Media Forum."

Menurut para peneliti, meskipun AI tidak akan menggantikan dokter Anda, tetapi mereka menyarankan dokter untuk dapat bekerja sama dengan teknologi seperti ChatGPT dapat merevolusi pengobatan.

Studi tersebut membandingkan tanggapan tertulis dari dokter dan dari ChatGPT dengan pertanyaan kesehatan dunia nyata. Panel profesional perawatan kesehatan berlisensi lebih menyukai respons ChatGPT 79% dari waktu dan menilai respons ChatGPT sebagai kualitas yang lebih tinggi dan lebih berempati.

“Peluang untuk meningkatkan layanan kesehatan dengan AI sangat besar,” kata Ayers, yang juga wakil kepala inovasi di Divisi Penyakit Menular dan Kesehatan Masyarakat Global Fakultas Kedokteran UC San Diego. “Perawatan dengan augmentasi AI adalah masa depan kedokteran.”

Apakah ChatGPT Siap untuk Layanan Kesehatan?

Dalam studi baru, tim peneliti berangkat untuk menjawab pertanyaan: Bisakah ChatGPT menjawab secara akurat pertanyaan yang dikirim pasien ke dokter mereka?

Jika ya, model AI dapat diintegrasikan ke dalam sistem kesehatan untuk meningkatkan respons dokter terhadap pertanyaan yang diajukan oleh pasien dan meringankan beban dokter yang terus meningkat.

"ChatGPT mungkin dapat lulus ujian lisensi medis," kata rekan penulis studi Davey Smith, seorang ilmuwan-dokter, salah satu direktur UC San Diego Altman Clinical and Translational Research Institute dan profesor di UC San Diego School Kedokteran.

“Pandemi COVID-19 mempercepat adopsi perawatan kesehatan virtual,” tambah anggota tim penulis studi Eric Leas, afiliasi Institut Qualcomm dan asisten profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat UC San Diego Herbert Wertheim.

“Sementara hal ini membuat akses perawatan menjadi lebih mudah bagi pasien, dokter dibebani oleh rentetan pesan elektronik pasien yang mencari nasihat medis yang telah berkontribusi pada tingkat kelelahan dokter yang memecahkan rekor.”

Merancang Studi untuk Menguji ChatGPT di Pengaturan Layanan Kesehatan

Untuk mendapatkan sampel besar dan beragam dari pertanyaan perawatan kesehatan dan jawaban dokter yang tidak berisi informasi pribadi yang dapat diidentifikasi, tim beralih ke media sosial tempat jutaan pasien secara publik memposting pertanyaan medis yang ditanggapi oleh dokter.

AskDocs adalah sub reddit dengan sekitar 452.000 anggota yang memposting pertanyaan medis dan profesional kesehatan terverifikasi mengirimkan jawaban.

Meski siapa pun dapat menjawab pertanyaan, moderator memverifikasi kredensial profesional kesehatan dan tanggapan menampilkan tingkat kredensial responden. Hasilnya adalah kumpulan pertanyaan medis pasien yang besar dan beragam serta jawaban yang menyertai dari profesional medis berlisensi.

Sementara beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah pertukaran tanya jawab di media sosial adalah ujian yang adil, anggota tim mencatat bahwa pertukaran itu mencerminkan pengalaman klinis mereka.

Studi tersebut membandingkan tanggapan tertulis dari dokter dan dari ChatGPT. (iStockphoto)

Tim secara acak mengambil sampel 195 pertukaran dari AskDocs ketika seorang dokter terverifikasi menjawab pertanyaan publik.

Tim memberikan pertanyaan asli ke ChatGPT dan memintanya untuk menulis tanggapan. Panel yang terdiri dari tiga profesional perawatan kesehatan berlisensi menilai setiap pertanyaan dan tanggapan yang sesuai dan tidak mengetahui apakah tanggapan tersebut berasal dari dokter atau ChatGPT.

Mereka membandingkan tanggapan berdasarkan kualitas informasi dan empati, mencatat mana yang mereka sukai.

Panel evaluator profesional kesehatan lebih memilih tanggapan ChatGPT daripada tanggapan dokter 79% saat itu.

“Pesan ChatGPT ditanggapi dengan informasi yang bernuansa dan akurat yang sering menjawab lebih banyak aspek pertanyaan pasien daripada tanggapan dokter,” kata Jessica Kelley, seorang praktisi perawat di firma Human Longevity San Diego dan rekan penulis studi.

Selain itu, respons ChatGPT dinilai secara signifikan lebih tinggi kualitasnya daripada respons dokter. Respons kualitas baik atau sangat baik 3,6 kali lebih tinggi untuk ChatGPT daripada dokter (dokter 22,1% versus ChatGPT 78,5%).

Baca Juga: Sains Terbaru: Oksimeter dan Alat Kedokteran Berbasis AI Bisa Bias

Baca Juga: Kecerdasan Buatan Bisa Bantu Tenaga Kesehatan Merawat Pasien COVID-19

Baca Juga: Aliran Listrik Sebagai Obat, Pendekatan Radikal Dunia Kedokteran

Tanggapannya juga lebih empati: tanggapan empati atau sangat empati 9,8 kali lebih tinggi untuk ChatGPT daripada dokter (dokter 4,6% versus ChatGPT 45,1%).

“Saya tidak pernah membayangkan mengatakan ini,” tambah Aaron Goodman, profesor klinis asosiasi di Fakultas Kedokteran UC San Diego dan rekan penulis studi.

"Tetapi ChatGPT adalah resep yang ingin saya berikan ke kotak masuk saya. Alat ini akan mengubah cara saya mendukung pasien saya.”

“Studi kami adalah yang pertama menunjukkan bagaimana asisten AI berpotensi memecahkan masalah layanan kesehatan dunia nyata,” kata Christopher Longhurst, Chief Medical Officer dan Chief Digital Officer di UC San Diego Health.

Sementara itu, Mark Dredze, Lektor Kepala Ilmu Komputer John C Malone di Johns Hopkins dan anggota tim penulis studi, mencatat, bahwa kita dapat menggunakan teknologi ini untuk melatih dokter dalam komunikasi yang berpusat pada pasien.

Kemudian dapat menghilangkan kesenjangan kesehatan yang diderita oleh populasi minoritas yang sering mencari layanan kesehatan melalui perpesanan, membangun sistem keamanan medis baru, dan membantu dokter dengan memberikan perawatan yang lebih berkualitas dan lebih efisien.