Selidik Perjalanan Es Krim, Sampai Temuan Es Krim Tahan Leleh

By National Geographic Indonesia, Kamis, 4 Mei 2023 | 15:03 WIB
Antonio Latini menulis buku resep sorbetto pertama di dunia pada 1694. Es krim memiliki riwayat evolusi yang panjang, dari zaman Raja Solomo sampai sekarang. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Es krim memiliki sejarah yang panjang. Kendati wujudnya tidak sama persis, sederet sajian ini menjadi asal-usul es krim hari ini.

Bagian Alkitab merujuk pada Raja Salomo yang menikmati minuman es dingin selama musim panen. Bahkan, Alexander Agung dari Yunani kuno suka menikmati minuman dingin yang diracik dengan madu atau anggur.

Selama pemerintahan Kaisar Nero di Roma, es dipanen dari pegunungan terdekat dan disimpan di lubang dalam rumah yang ditutupi jerami. Praktik menyimpan es seperti itu kelak menjadi hal biasa selama berabad-abad yang akan datang.

Kaisar Dinasti Tang (618-907) diyakini sebagai orang pertama yang memakan kue manis seperti susu beku. Versi ini dibuat dari susu sapi, kambing, atau kerbau yang dipanaskan dengan tepung. Kamper, zat aromatik yang dipanen dari pohon cemara, ditambahkan untuk meningkatkan tekstur dan rasa.

Campuran tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tabung logam dan diturunkan ke dalam kolam es hingga membeku. Proses ini mirip dengan cara orang India membuat kulfi sebelum didinginkan.

Pada abad pertengahan, orang Arab meminum minuman dingin yang disebut serbat, atau sharabt dalam bahasa Arab. Minuman dingin ini sering dibumbui dengan ceri, delima, atau quince. Seiring waktu, minuman tersebut menjadi populer di kalangan bangsawan Eropa. Orang Italia dikatakan telah menguasai teknik pembuatan minuman ini, dengan orang Prancis mengikutinya segera setelah itu.

Pada abad ke-17, minuman es dibuat menjadi makanan penutup beku. Dengan tambahan gula, terciptalah sorbettoatau, seperti yang lebih kita kenal, sorbet.

Antonio Latini (1642-1692), seorang pria yang bekerja untuk Raja Muda Spanyol di Naples, dianggap sebagai orang pertama yang menuliskan resep sorbetto. Dia juga bertanggung jawab untuk membuat sorbet berbahan dasar susu, yang oleh sebagian besar sejarawan kuliner dianggap sebagai es krim resmi pertama.

Pada 1686, seorang Sisilia bernama Francesco Procopio dei Coltelli membuka kedai pertama di Paris, Il Procope. Pendirian menjadi tempat pertemuan bagi banyak intelektual terkenal, termasuk Benjamin Franklin, Victor Hugo dan Napoleon.

Kedai itu memperkenalkan gelato, sorbet versi Italia, kepada publik Prancis. Kudapan itu disajikan dalam mangkuk porselen kecil yang menyerupai cangkir telur. Procopio dikenal sebagai Bapak Gelato Italia.

Sekitar waktu yang sama, orang Prancis mulai bereksperimen dengan makanan penutup beku yang disebut fromage. Nicolas Audiger, dalam bukunya La maison reglée, menjelaskan beberapa resep fromage yang terbuat dari es yang diberi rasa buah. 

Satu resep awal termasuk krim, gula, dan air bunga jeruk. Audiger juga menyarankan untuk mengaduk es selama proses pembekuan untuk memasukkan udara dan menciptakan tekstur yang lebih pulen. Selama abad ke-18, fromage beku menjadi sangat populer di seluruh Prancis.