Peninggalan Bersejarah yang Tak Sengaja Ditemukan di Eropa dan Amerika

By Sysilia Tanhati, Senin, 8 Mei 2023 | 16:30 WIB
Beberapa peninggalan bersejarah justru tidak sengaja ditemukan oleh orang biasa. Penemuan luar biasa ini memberikan wawasan penting bagi manusia. (Museo de Altamira y D. Rodríguez)

Nationalgeographic.co.id—Beberapa peninggalan bersejarah paling penting justru tidak sengaja ditemukan oleh orang biasa. Penemuan itu memberikan wawasan yang luar biasa bagi manusia. Berikut daftarnya, dari Eropa hingga Amerika.

Deforestasi dan penemuan bola batu dari Kosta Rika

Masalah dengan penemuan yang tidak disengaja adalah orang tidak selalu menyadari atau peduli dengan apa yang mereka temukan. Bola batu dari Kosta Rika adalah kumpulan lebih dari 300 batu bulat yang ditemukan di wilayah Delta Diquis di Kosta Rika. Semua batu bervariasi dengan beberapa hanya berdiameter beberapa sentimeter hingga lebih dari 2 meter. Beratnya bisa mencapai 15 ton.

Batu-batu itu ditemukan pada tahun 1930-an ketika United Fruit Company sedang membuka hutan untuk perkebunan pisang. Ketika para pekerja menemukan batu-batu aneh ini, mereka hanya menggunakan buldoser dan alat berat lainnya untuk menyingkirkannya dan akhirnya merusak batu-batu tersebut.

Lebih buruk lagi, terinspirasi oleh cerita lama tentang emas tersembunyi, para pekerja mengebor lubang ke dalam bola. “Kemudian meledakkannya dengan tongkat dinamit,” tulis Robbie Mitchell di laman Ancient Origins. Beberapa bola telah hancur total pada saat berita penemuan itu sampai ke pihak berwenang setempat.

Penyelidikan ilmiah pertama terhadap batu-batu itu dilakukan oleh Doris Stone, putri seorang eksekutif tingkat tinggi United Fruit. Publikasi temuan awalnya yang diterbitkan di American Antiquity menyebabkan ahli lain mengunjungi daerah tersebut untuk melakukan penggalian sendiri.

Dipercayai bahwa batu-batu itu mungkin diciptakan oleh budaya Diquis yang telah punah. Mereka adalah penduduk asli Kosta Rika pra-Columbus yang berkembang di sana dari 700-1530 Masehi.

Fungsi dari batu tersebut tidak diketahui, tetapi diperkirakan batu bulat itu mungkin ditempatkan dalam barisan di sepanjang jalan ke rumah kepala suku setempat. Namun hal ini tidak pernah dikonfirmasi.

Batu-batu tersebut dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2014 dan telah menjadi objek wisata utama di Kosta Rika. Banyak batu telah dipindahkan dari lokasi aslinya selama bertahun-tahun dan beberapa telah rusak atau hancur. Kini, upaya sedang dilakukan untuk melestarikan batu yang tersisa dan signifikansi budayanya.

Gua Altamira, terlalu indah untuk dipercaya

Terkadang penemuan yang tidak disengaja begitu menakjubkan sehingga para ahli menolak untuk percaya bahwa itu nyata. Inilah yang terjadi dalam kasus Gua Altamira.

Altamira merupakan gua prasejarah yang terletak di Spanyol utara yang terkenal dengan koleksi lukisan gua Paleolitik yang menakjubkan. Gua itu ditemukan pada tahun 1868 tetapi baru pada awal abad ke-20 para sejarawan mulai menganggapnya serius.