Tempat Lahirnya Peradaban, Bagaimana Mesopotamia Membentuk Dunia?

By Sysilia Tanhati, Jumat, 5 Mei 2023 | 12:00 WIB
Sering disebut sebagai tempat lahirnya peradaban, Mesopotamia adalah rumah bagi beberapa inovasi paling awal dan paling menarik. (Louvre Museum)

Nationalgeographic.co.id—Salah satu peradaban yang paling menarik dan berhasil dalam sejarah adalah Mesopotamia. Sering disebut sebagai tempat lahirnya peradaban, Mesopotamia adalah rumah bagi beberapa inovasi paling awal dan paling menarik.

Beberapa penemuan di masa itu turut membentuk dunia seperti yang kenal kenal sekarang ini.

Penemuan luar biasa di Mesopotamia, dari roda hingga ziggurat yang menjulang

Mesopotamia adalah peradaban yang sangat inovatif, menghasilkan banyak penemuan yang berdampak signifikan pada peradaban manusia. “Mereka termasuk yang pertama menggunakan roda,” tulis Lex Leigh di laman Ancient Origins.

Penemuan roda merevolusi transportasi dengan memungkinkan penggunaan gerobak dan kereta. Selain itu, roda juga mengubah pertanian dengan memfasilitasi penggunaan bajak. Semua itu menunjukkan dampak luas dari kehebatan peradaban Mesopotamia.

Di luar roda, arsitek dan pembangun Mesopotamia juga sangat ahli dalam membangun struktur yang mengesankan seperti ziggurat dan kuil. Mereka membangun struktur lengkung dan kubah yang dapat menopang beban bangunan besar.

Sistem irigasi canggih mereka, yang terdiri dari kanal dan parit, membantu mengelola Sungai Tigris dan Efrat. Ini memungkinkan penduduknya menetap di daerah perkotaan besar dan memperluas pertanian.

Meskipun tidak jelas apakah mereka yang pertama, Mesopotamia juga didokumentasikan sebagai beberapa orang paling awal yang menggunakan perahu layar. Orang Mesopotamia terampil membuat perahu sungai.

Perahu itu digunakan untuk memancing, transportasi, dan perdagangan. Perahu-perahu ini terbuat dari alang-alang, yang ringan, apung, dan mudah diperbaiki.

Mereka kemudian mengembangkan perahu yang lebih canggih yang terbuat dari kayu, dengan lambung melengkung dan banyak geladak.

Mesopotamia menerapkan kode hukum paling awal

Kode Hammurabi adalah salah satu kode hukum pertama di dunia dan dianggap sebagai pencapaian penting Mesopotamia kuno. Kode hukum ini diciptakan oleh Raja Babilonia Hammurabi sekitar tahun 1754 Sebelum Masehi.