Inilah Bukti Sejarah Alkohol Jadi Bahan Obat Pada Zaman Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 7 Mei 2023 | 17:00 WIB
Bukti minum anggur di Mesir kuno sudah ada sejak 5.000 tahun lalu. (Mariy )

Nationalgeographic.co.id―Alkohol sudah ada sejak zaman kuno. Meskipun tidak ada yang tahu persis kapan alkohol pertama kali diproduksi, kemungkinan besar itu adalah hasil dari kecelakaan yang terjadi setidaknya puluhan ribu tahun yang lalu.

Namun, penemuan kendi bir Zaman Batu akhir telah menetapkan fakta bahwa minuman yang difermentasi dengan sengaja telah ada setidaknya sejak periode Neolitik sekitar 10.000 tahun lalu. Hal ini diyakini bahwa bir mungkin telah mendahului roti sebagai makanan pokok.

Anggur jelas muncul sebagai produk jadi dalam piktograf Mesir sekitar 4.000 SM, dan residu sampel anggur di Yunani berasal dari periode yang sama. Tetapi alkohol tidak dikonsumsi dengan cara yang sama seperti saat ini.

Faktanya, pada zaman kuno, alkohol dipandang sebagai bahan obat dan bagian penting dari makanan.

Alkohol sebagai Obat

Sejak minuman beralkohol pertama kali ditemukan, manusia telah menggunakannya sebagai obat. Terlepas dari penghilang stres, sifat santai yang dimiliki alkohol pada tubuh dan pikiran, alkohol adalah antiseptik dan dalam dosis yang lebih tinggi memiliki efek membius.

Tapi itu adalah kombinasi alkohol dan tumbuhan alami, yang menciptakan obat yang jauh lebih efektif dan telah digunakan selama ribuan tahun. 

Salah satu tanda paling awal penggunaan alkohol sebagai obat berasal dari sebuah toples yang ditemukan di makam salah satu firaun Mesir pertama, Scorpion I. 

Dengan teknik kimia yang sangat sensitif, ahli bioarkeolog dapat mengidentifikasi perbedaannya. Senyawa dalam residu yang tertinggal di toples. Mereka menemukan bahwa sisa-sisa itu mengandung anggur, serta sejumlah tumbuhan yang diketahui memiliki khasiat obat.

Anggur juga sering menjadi komponen pengobatan Romawi kuno. Seperti yang diketahui saat ini, alkohol adalah cara yang baik untuk mengekstraksi unsur aktif dari tanaman obat.

Anggur adalah satu-satunya bentuk alkohol yang diketahui orang Romawi karena penyulingan tidak ditemukan sampai abad pertengahan. Tumbuhan yang diinfuskan dalam anggur adalah siasat pengobatan biasa yang akan memiliki tingkat efek mengingat kemampuan alkohol untuk mengekstraksi senyawa aktif dari sejumlah tumbuhan.

Kompleksitas hubungan orang Romawi dengan alkohol dapat menunjukkan wawasan budaya yang menarik (Thomas Couture/Musée d'Orsay)