Eiger sang Pengabdi 'Sustain', Menyebarkan Semangat Keberlanjutan

By Utomo Priyambodo, Kamis, 18 Mei 2023 | 12:00 WIB
Acara konferensi rilis laporan keberlanjutan Eiger di Sarinah, Jakarta, 17 Mei 2023. (Eiger Adventure)

Nationalgeographic.co.id—Pengabdi Sustain. Begitulah tulisan stan dalam salah satu foto yang dipresentasikan di acara Eiger Adventure pada Rabu, 17 Mei 2023.

Foto booth Eiger itu adalah dokumentasi beberapa waktu lalu, entah stan itu masih ada atau tidak. Namun, kata tersebut tampaknya masih tetap menggambarkan sikap perusahaan penyedia perlengkapan kegiatan luar ruangan itu hingga hari ini.

Rabu itu Eiger mengadakan acara konferensi pers rilis laporan keberlanjutan mereka di Sarinah, Jakarta. PT Eigerindo Multi Produk Industri (Eiger) sebenarnya bukan merupakan perusahan terbuka (public company) sehingga tidak memiliki kewajiban membuat laporan keberlanjutan (sustainability report), apalagi mengungkapkannya kepada publik.

Namun, mereka berinisiatif membuat laporan bertajuk EIGER ESG Report (dapat dibaca dan diunduh di laman Eiger) ini karena meyakini hal itu penting. Bukan sekadar penting untuk mereka, tetapi juga penting untuk Bumi dan untuk nanti.

Riadi Suwarno, General Manager Marketing Eiger, mengatakan bahwa pembuatan dan pengungkapan laporan keberlajutan ini "bukan untuk gaya-gayaan."

Riadi menyatakan bahwa Eiger sebenarnya telah membuat gerakan kepedulian lingkungan sejak tahun 2.000-an. "Hanya saja tidak terdokumentasi dengan baik."

Dia mencontohkan bahwa Eiger pernah membuat gerakan menanam sejuta pohon serta menanam mangrove hingga rehabilitasi terumbu karang.

Eiger juga telah lama menggalakkan program edukasi kepada para penggiat aktivitas luar ruangan, teruma pamakai produk Eiger, agar tidak membuang sampah sembarangan di gunung dan bentang alam mana pun.

Namum program-program tersebut tidak pernah terdokumentasikan dengan baik sehingga tidak bisa diukur dan tidak bisa pula dievaluasi untuk ditingkatkan atau diperbaiki.

Jadi, sejak 2021 Eiger mulai membuat mebuat program Eiger Green dan mendokumentasikannya dalam laporan keberlanjutan mereka agar bisa dipertanggungjawabkan.

Laporan sepanjang tahun 2021 telah diterbitkan April 2022, sedangkan untuk sepanjang tahun 2022 dipublikasikan pada Mei ini. Selain memaparkan capaian, laporan tersebut juga berisi evaluasi dan tindakan korektif.

Secara rinci, laporan keberlanjutan Eiger ini berisi berbagai aspek yang menjadi strategi dan komitmen perusahaan untuk memberikan dampak terbaik bagi Indonesia. Mulai dari aspek Environmental (Lingkungan), Social (Sosial), dan aspek Governance (Tata Kelola Perusahaan).Riadi menuturkan, sepanjang tahun 2022 Eiger mengambil tema “Stitching Together for a Better Future”. Melalui tema ini, Eiger membangun kemitraan dengan berbagai pihak untuk menjadi bagian dalam pembentukan masa depan yang lebih baik.