Pertempuran Paling Konyol dalam Sejarah Perang Dunia Kedua di Pasifik

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Rabu, 14 Juni 2023 | 09:00 WIB
Tentara AS mendarat di pesisir di Pulau Kiska untuk siap bertempur. Namun, pertempuran mereka justru menjadi yang paling konyol dalam sejarah Perang Dunia II. (US Navy)

Nationalgeographic.co.id—Sejarah Perang Dunia II memang konyol. Banyak negara berambisi kekuasaan dan dominasi atas dunia dengan menguras banyak sumber daya alam dan manusia. 

Hal itu menyebabkan devisa setiap negara yang terlibat terkuras, dan banyak keluarga yang kehilangan anggotanya untuk berperang.

Setelah sebelumnya membahas "Operasi Terkonyol & Mubazir dalam Sejarah Perang Dunia Kedua di Eropa", kini kita berpindah ke kancah Pasifik.

Kekuatan Kekaisaran Jepang hadir sebagai penantang baru yang menguras sumber daya pihak musuh dan dirinya sendiri lewat berbagai pertempuran.

Berikut adalah pertempuran konyol yang ada dalam sejarah Perang Dunia II di kancah Pasifik.

Menggempur pulau kosong Kiska

Sekutu yang terdiri dari Amerika Serikat dan Kanada disibukkan dengan Kekaisaran Jepang dalam sejarah Perang Dunia II kancah Pasifik.

Pada saat itu, Kekaisaran Jepang telah merebut Kepulauan sejak Juni 1942, dan bermarkas di Pulau Kiska.

Maka, AS dan Kanada harus merebutnya kembali. Perebutan ini disebut sebagai Operasi Cottage dengan mengebom Pulau Kiska sejak Juli 1943. 

AS sendiri menjatuhkan 330 ton peluru ke pulau itu dan berlanjut sampai Agustus jika cuaca tetap bagus untuk membidik.

Bersama Kanada, AS kemudian menginvasi kota pada Agustus dengan operasi amfibi. Ada lebih dari 34 ribu tentara yang menyerang dengan 5.000 di antaranya adalah prajurit Kanada.

Awalnya, infanteri AS mendarat 15 Agustus, dua hari berikutnya baru infranteri Kanada dengan menyelinap.