Ketika Romawi Mengubah Yerusalem Menjadi Kota Penyembah Berhala

By Ricky Jenihansen, Kamis, 22 Juni 2023 | 17:00 WIB
Kekaisaran Romawi mengubah Yerusalem menjadi kota berhala dan memicu pemberontakan Yahudi. (Drive Thru History)

Nationalgeographic.co.id - Tim ilmuwan yang dipimpin arkeolog University of Warsaw belum lama ini telah menemukan koin abad ke-1 di dekat Laut Hitam. Koin tersebut merupakan simbol pemberontakan Yahudi melawan Kekaisaran Romawi yang mengubah kota tua Yerusalem menjadi kota penyembah berhala.

Menurut para arkeolog, koin yang dicetak oleh pemberontak Yahudi itu dibawa oleh tentara Romawi ke kamp militer di Georgia. Para arkeolog kemudian menemukan koin era Romawi di Colchis, di Georgia barat dekat Laut Hitam.

Hasil analisis mengungkapkan bahwa beberapa koin dibawa ke situs tersebut oleh Legio X Fretensis, sebuah unit militer yang ambil bagian dalam memerangi pemberontak Yahudi selama pemberontakan Yahudi pertama.

Namun, tidak mungkin tentara Romawi yang memerangi orang Yahudi adalah orang yang sama yang meninggalkan koin di Colchis. Sebaliknya, koin tersebut kemungkinan besar tetap berada di unit saat tentara baru bergabung.

Koin serupa juga pernah ditemukan para arkeolog di kota tua Yerusalem. Koin tersebut diperkirakan berumur sekitar 1.900 tahun yang lalu di saat yang sama orang-orang Yahudi memberontak melawan Kekaisaran Romawi.

Koin perunggu itu sangat langka, dari 22.000 koin yang ditemukan hanya empat yang berasal dari era pemberontakan. Peristiwa itu dikenal sebagai pemberontakan Bar Kokhba, menurut Donald Tzvi Ariel, kepala Departemen Koin di IAA, dalam sebuah pernyataan.

Pada salah satu sisi koin tergambar anggur dan tulisan "kemerdekaan", sementara di satu sisi lain koin terdapat pohon palem dengan kata "Yerusalem". Koin ini menjadi satu-satunya koin yang tercatat dari pemberontakan dengan tulisan "Jerusalem".

Sisa-sisa benteng Apsaros di Colchis di Georgia barat, tempat para arkeolog menemukan koin era Romawi. (Piotr Jaworski)

Pemberontakan Yahudi pertama melawan Kekaisaran Romawi dimulai sekitar tahun 66 M dan melihat penjarahan Romawi atas Yerusalem dan penghancuran Kuil Kedua pada tahun 70 M.

Pemberontakan berlanjut hingga pengepungan oleh Kekaisaran Romawi di Masada, yang berakhir dengan hampir 1.000 orang Yahudi yang tersisa bunuh diri sekitar tahun 73 atau 74 M, untuk menghindari perbudakan atau kematian di tangan Kekaisaran Romawi.

Tim juga menemukan bahwa, selain koin Romawi yang dibawa Legio X Fretensis, sejumlah besar koin Romawi dibawa ke situs tersebut pada abad pertama dan ketiga M, kemungkinan besar oleh tentara Kekaisaran Romawi.

Apa itu pemberontakan Bar Kokhba?