Meski Mengancam Kehidupan, Perubahan Iklim Tidak Membuat Manusia Punah

By Ricky Jenihansen, Senin, 26 Juni 2023 | 08:00 WIB
Perubahan lingkungan menyebabkan kepunahan massal jutaan tahun lebih cepat. (NHM)

Nationalgeographic.co.id - Para ilmuwan di seluruh dunia mungkin sepakat bahwa perubahan iklim telah mengancam kehidupan kita semua.

Perubahan iklim telah menjadi isu global dan menjadi masalah bersama.

Tapi jika kondisi semakin buruk, kabar baiknya, tidak akan membuat manusia punah. Tapi jika perubahan iklim semakin parah, maka dapat mengarah pada masa depan yang menyerupai beberapa film distopia Hollywood.

Para ilmuwan telah memperkirakan berbagai skenario yang menghancurkan jika perubahan iklim tidak dikendalikan. Mereka memperingatkan, bahwa mengabaikan perubahan iklim akan menghasilkan "penderitaan yang tak terkira" bagi umat manusia.

Tetapi jika kita hanya mempertimbangkan dampak langsungnya, itu tidak mungkin menyebabkan kepunahan massal pada manusia.

Meski memang kondisi terburuk dapat mengancam kehidupan dan menyebabkan keruntuhan sosial yang parah di seluruh dunia.

"Tidak ada bukti skenario perubahan iklim yang akan membuat manusia punah," kata Michael Mann, profesor ilmu atmosfer terkemuka di Penn State dan penulis "The New Climate War: The Fight to Take Back Our Planet" (PublicAffairs, 2021), kepada Live Science.

Namun, menurut temuan penelitian, ada kemungkinan bahwa perubahan iklim masih akan mengancam kehidupan ratusan juta orang, seperti dengan menyebabkan kelangkaan pangan dan air, yang berpotensi memicu keruntuhan masyarakat dan memicu konflik global.

Terlalu panas untuk ditanganiManusia meningkatkan jumlah gas rumah kaca, seperti karbon dioksida dan metana, di atmosfer melalui pembakaran bahan bakar fosil dan aktivitas lainnya.

Gas-gas ini menjebak dan menahan panas dari matahari, menyebabkan suhu global meningkat dan iklim berubah jauh lebih cepat daripada yang seharusnya, menempatkan umat manusia di jalur yang berbahaya.

Efek rumah kaca yang tak terkendali mungkin satu-satunya cara dampak perubahan iklim dapat secara langsung menyebabkan kepunahan manusia, menurut Luke Kemp, rekan peneliti di Pusat Studi Risiko Eksistensial di University of Cambridge di Inggris.

Efek ini terjadi ketika sebuah planet terjebak dalam lingkaran umpan balik positif yang tak terhentikan dari pemanasan.