Mitologi Romawi: Vulcan, Dewa Api Dibuang Ibu Sendiri Akibat Jelek

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 3 Juli 2023 | 07:30 WIB
Vulcan, dewa api dibuang ke gunung Olympus akibat buruk rupa oleh ibunya sendiri dalam mitologi Romawi kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Vulcan adalah dewa api dalam mitologi Romawi kuno. Ayahnya, Jupiter dan ibunya Juno. Saat lahir, Vulcan adalah bayi berwajah merah dan suka menangis. Hal ini membuat ibunya terkejut hingga melemparkannya dari Gunung Olympus.

Setelah seharian penuh jatuh dari langit, dia mendarat di laut. Anak yang jatuh itu mematahkan kedua kakinya, yang membuatnya pincang permanen.

Nimfa laut mengumpulkan anak itu dan membesarkannya. Vulcan menghabiskan masa mudanya dengan gembira berkeliaran di pantai, di mana dia menemukan batu bara yang dia kumpulkan dalam cangkang dan disimpan di gua bawah air.

Akhirnya, dia membuat api dari batu bara dan belajar membuat benda-benda yang indah.

Vulcan menjadi sangat terampil sehingga dia dikenal sebagai pandai besi para dewa. Dia menciptakan objek kecantikan dan senjata magis mereka.

Vulcan memberikan penghargaan khusus untuk salah satu bidadari yang menyelamatkannya, dan membuat kalung mutiara yang menakjubkan sebagai hadiah. Bidadari itu pun sangat bangga dengan kalungnya dan mengenakannya ke pesta dewa di Gunung Olympus.

Juno kagum dengan kecantikannya dan bersikeras untuk mengetahui cara mendapatkannya untuk dirinya sendiri. Setelah mengetahui bahwa anaknya yang terlantarlah yang membuat benda indah itu, dia bersikeras agar Vulcan kembali padanya.

Vulcan tidak terlalu antusias untuk kembali ke rumah ibu yang melemparkannya dari gunung. Sebaliknya, dia mengirim hadiah ke Juno berupa kursi ajaib yang terbuat dari emas dan dihiasi dengan permata.

Senang dengan hadiahnya, Juno duduk di atasnya, tetapi kursi itu menjebaknya dengan rantai yang tidak bisa dipatahkan. Di sana dia duduk selama tiga hari, tidak bisa meninggalkan tempat duduknya.

Akhirnya, Jupiter membuat kesepakatan dengan Vulcan untuk menyelamatkan istrinya. Dia menjanjikan Vulcan dewi cantik Venus sebagai imbalan atas pembebasan Juno. Vulcan kembali ke Gunung Olympus dan mendapatkan pengantinnya yang menakjubkan.

Pernikahan Vulcan dan Venus di Mitologi Romawi

Dalam mitologi Romawi, Venus adalah dewi kecantikan, dan dianggap paling cantik dari semua dewi. Ironisnya, dia akhirnya menikah dengan dewa paling jelek. Mungkin inilah yang membuatnya tersesat, karena dia sangat tidak setia kepada Vulcan dengan berbagai kekasih.