Sejarah Api Penyucian, Tempat Jiwa Disucikan Sebelum Masuk Surga

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 6 Juli 2023 | 08:00 WIB
Sejarah purgatorium atau api penyucian adalah tempat penantian dimana jiwa-jiwa disucikan sebelum masuk surga. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Sejarah api penyucian atau purgatorium sudah ada sejak zaman kuno. Dalam konteks Gereja Kristen dan Katolik Roma kuno, api penyucian adalah tempat penantian dimana jiwa-jiwa disucikan sebelum masuk surga

Banyak agama berbicara tentang kengerian dan rasa sakit neraka atau keadaan surga yang abadi. Akan tetapi, dalam sistem kepercayaan tertentu, ada keadaan di mana jiwa seseorang dimurnikan dengan api, sebelum siap memasuki surga. Api penyucian berasal dari kata Latin purgare yang berarti "membersihkan". 

Dua versi api penyucian mungkin ada, menurut beberapa penulis. Dalam satu model, manusia harus dihukum karena dosa-dosa mereka agar keadilan ilahi terpenuhi. Model lainnya berfokus pada penyucian jiwa sebelum memasuki surga.

Konsep api penyucian muncul dalam sumber-sumber pra-Kristen, baik agama maupun non-agama. Plato menyebutkan konsep tersebut dalam Phaedo, sebuah dialog yang mempengaruhi banyak filsuf kuno.

Meskipun doktrin resmi baru diterima ke dalam Gereja Katolik Roma pada tahun 1274, seperti orang berdoa untuk orang mati menyimpulkan kepercayaan akan api penyucian.

Penulis mengklaim orang akan berdoa untuk orang mati untuk membantu mereka dengan penyucian mereka di akhirat. Teolog Kristen awal Hippolytus dari Roma (170 – 235 M) menyebutkan hukuman bagi orang mati bersifat sementara dan disesuaikan dengan tingkat dosa yang dilakukan.

Katolik

Konsep api penyucian, atau keadaan perantara setelah kematian, terbukti ada dalam banyak agama selain Kristen. Mungkin kita ingin tahu bahwa jika kita tidak menjalani kehidupan suci, atau dosa keji yang terus-menerus, ada cara untuk menyembuhkan beban yang telah kita kumpulkan sepanjang hidup.

Gereja Katolik Roma adalah salah satu pendukung utama konsep api penyucian. Gereja merujuk pada tiga bagian utama dari konsep yang terjadi di dalam Alkitab, yaitu doa untuk orang mati, tahap setelah kematian dan sebelum kebangkitan, serta api yang menyucikan orang mati.

Umat ​​​​Katolik percaya api penyucian adalah penyucian jiwa-jiwa yang belum cukup murni untuk masuk surga. Jiwa-jiwa yang cukup murni langsung masuk surga, sementara yang lain, yang membenci Tuhan, dikirim ke neraka.

Dibedakan antara dua jenis dosa yang mempengaruhi pengalaman seseorang setelah kematian. Dosa berat, seperti pembunuhan, perzinahan dan kontrasepsi, didefinisikan sebagai tindakan yang akan mendaratkan seseorang di neraka, kecuali jika mereka mencari pengampunan atas dosa-dosa tersebut. Dosa ringan dijelaskan sebagai dosa yang lebih kecil.

Jika seseorang tidak mencari pengampunan atas dosa ringan, mereka tidak secara otomatis dikutuk ke neraka. Contoh dosa ringan termasuk tidak mempercayai Tuhan hingga kesombongan.