Ketika Wabah Penyakit Kusta Melanda Sejarah Abad Pertengahan

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 9 Juli 2023 | 07:00 WIB
Dalam sejarah abad pertengahan ketika penyakit kusta melanda, mereka membuat leprosaria, tempat pengasingan dan perawatan para penderita kusta. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Penyakit kusta kini dapat diobati dan cukup langka terjadi. Telah banyak berbagai macam pengobatan modern yang tersedia untuk menyembuhkan penyakit ini. 

Namun, tahukah Anda? Dalam sejarah abad pertengahan tidak ada obat kusta pada periode tu.

Dari abad ke-11 hingga ke-14, penyakit ini menyebar luas di seluruh dunia. Di antara penyakit dan kesengsaraan yang ditemukan sepanjang sejarah, kusta mungkin merupakan penyakit kedua setelah wabah dalam kaitannya dengan penderitaan, cacat, dan kematian.

Penyakit kronis yang sekarang dikenal sebagai penyakit Hansen adalah infeksi bakteri yang menyebabkan luka pada kulit dan pada akhirnya, jika tidak diobati, merusak tulang wajah, tangan dan kaki, serta kesulitan bernapas hingga mengalami kebutaan.

Tidak seperti korban wabah, penderita dapat hidup dengan gejalanya selama beberapa tahun atau bahkan puluhan tahun. Maka dari itu, pasien kusta telah menjadi komponen yang dapat dikenali di masyarakat masa lalu. Mungkin, terdapat kasus di Inggris sejak abad keempat Masehi atau sebelumnya.

Belum ada pengobatan yang efektif untuk kusta kala itu. Terapi masa lalu lebih bersifat paliatif daripada kuratif, termasuk mandi obat, perban dan pengaturan pola makan.

Citra populer tentang 'penderita kusta' adalah diusir dan dipenjarakan secara brutal jauh dari masyarakat. Tidak semua mengalami itu, nyatanya, di Inggris abad pertengahan, perawatan penderita kusta sangat kompleks, bervariasi, dan terkadang sangat simpatik.

Sebelum Black Death atau Kematian Hitam menghancurkan Eropa dan meningkatkan ketakutan akan infeksi, penderita kusta menerima perawatan dan akomodasi dari gereja dan komunitas lokal.

Bernama leprosaria, 'koloni kusta' atau lazarettes adalah tempat pengasingan atau perawatan bagi para penderita kusta. Berlawanan dengan kesalahpahaman populer, leprosaria tidak secara inheren keras atau sepenuhnya terisolasi dari masyarakat.

Kusta Menyebar Luas dalam Sejarah Abad Pertengahan

Pada abad ke-4 M, kusta telah muncul di Inggris. Disebarkan oleh tetesan dari hidung atau mulut, menyebar luas pada pertengahan abad ke-11.

Dari abad ke-11 hingga sekitar waktu Black Death atau Kematian Hitam (1346-1352), kemungkinan lebih dari 300 leprosaria muncul di seluruh Inggris. Mirip dengan biara, rumah sakit semu ini sering didirikan di luar pemukiman yang sibuk.