Antikythera, Artefak Nyata Menginspirasi 'Mesin Waktu' Indiana Jones

By Wawan Setiawan, Senin, 10 Juli 2023 | 15:00 WIB
Film Indiana Jones terbaru berjudul: Dial of Destiny, didasarkan pada mekanisme Antikythera, perangkat kuno yang digunakan untuk memetakan kosmos. (Disney)

Nationalgeographic.co.id—Petualangan sains-fiksi Indiana Jones memang selalu dinantikan oleh banyak penggemarnya. Juni tahun ini, petualangan terbarunya muncul kembali dalam rilis film epik yang berjudul Indiana Jones and the Dial of Destiny.

Perkara yang menarik dari film terbaru ini adalah sebuah perangkat 'mesin waktu' yang membawa alur petulangan Indiana Jones semakin menarik.

Pasalnya, mesin tersebut dikatakan bahwa terinspirasi dari sebuah perangkat kuno di dunia nyata yang terkenal sebagai Mekanisme Antikythera.

Meskipun secara harfiah kegunaan mesin tersebut sudah pasti jauh berbeda. Namun jika mengingat sejarah dari penemuan mekanisme Antikythera yang penuh misteri, sangat cocok jika perangkat tersebut menjelma menjadi mesin waktu di dunia fiksi.

Mari kita mengenal lebih dekat apa itu mekanisme Antikythera?

Pada tahun 1900, para penyelam yang mencari spons secara tidak sengaja menemukan bangkai kapal.

Selain ditemukannya artefak barang-barang lain seperti koin, pecahan patung, tembikar dan perhiasan, perangkat aneh tersebut menjadi objek menarik yang ditemukan saat itu. Ia ditemukan dalam balutan karat.

“Berusia lebih dari 2.000 tahun yang lalu, perangkat tersebut mungkin merupakan artefak paling menarik yang kita miliki dari dunia kuno,” kata Jo Marchant, penulis Decoding the Heavens: Solving the Mystery of the World’s First Computer yang terbit pada 2008.

Mekanisme Antikythera dipamerkan di Museum Arkeologi Nasional di Athena. (Marcus Cyron / Wikimedia Commons)

Misteri ini dimulai ketika balutan karat perangkat tersebut pecah dan memperlihatkan isi dari perangkat yang berupa banyak roda gigi yang rumit.

Alat apakah itu? Mengingat dari masa pembuatannya, banyak yang mengasumsikan peranti itu adalah teknologi yang mustahil. Atau, bahkan ada yang berpikir bahwa alat itu dibuat oleh alien lalu jatuh dari pesawat luar angkasanya.

Namun, terlepas dari semuanya, kita semua harus meyakini bahwa peranti itu adalah teknologi Yunani kuno yang benar-benar canggih pada masanya. Peninggalan hebat yang kita temukan saat ini.