Cerberus, Anjing Pemburunya Hades, Berkepala Tiga di Mitologi Yunani

By Wawan Setiawan, Sabtu, 15 Juli 2023 | 10:00 WIB
Ilustrasi Cerberus, anjing pemburu berkepala tiga dalammitologi Yunani milik Hades yang ditugaskan menjaga gerbang dunia bawah. (Melvin Pena)

Nationalgeographic.co.id - Tak bisa dibayangkan betapa mengerikannya jika kita bertemu dengan anjing dalam mitologi Yunani yang satu ini. Bertemu dengan anjing pemburu yang memiliki kepala normal saja sudah membuat kita lari terbirit-birit, apalagi bertemu dengan anjing yang memiliki kepala tiga.

Cerberus, nama anjing pemburu tersebut. Ia adalah anjing pemburu milik Hades yang terkenal berkepala tiga dan bertugas menjaga pintu gerbang dunia bawah. Dalam mitologi Yunani, dunia bawah adalah tempat roh orang mati merupakan satu-satunya yang diizinkan masuk.

Meskipun penampilannya mengerikan dan doyan melahap siapa saja yang menyelinap melewatinya, tetapi ada banyak hal lainnya yang mungkin belum Anda ketahui.

Seperti yang diceritakan dalam mitologi Yunani, Cerberus adalah tergolong monster mitos yang mengerikan. Bertubuh layaknya seekor anjing yang besar dan berbulu hitam atau perunggu yang kusut. Hal yang membuatnya sangat menakutkan, Cerberus memiliki tiga kepala.

Mengenai jumlah kepala Cerberus ini, ada beberapa penulis yang menceritakannya memiliki kepala seratus dengan bola mata merah yang menyala, gigi yang bergerigi, dan tiga lidah dalam setiap mulutnya.

Patung Hercules dan Cerberus anjing berkepala tiga dalam mitologi Yunani yang ada di Michaelerplatz, Wina. (Jeroen van Luin / Flickr)

Sebagian besar penulis mengeklaim bahwa semua kepala ini mirip anjing, tetapi beberapa penulis lainnya menggambarkan separuh kepala seperti anjing dan separuh lainnya adalah kepala binatang dari segala jenis.

Bahkan bukan hanya itu, ekor anjing pemburu Cerberus ini bisa secara perlahan berubah menjadi ular, dengan kepala berbisa di ujungnya, dan juga lebih banyak ular bertunas dari tubuhnya. Beberapa penulis juga mengeklaim bahwa ular ini membentuk surai di sekitar kepalanya, sementara yang lain menggambarkan ular yang tumbuh dari tulang punggungnya atau menjuntai seperti bulu kusut di sekujur tubuhnya.

Sudah bisa Anda bayangkan sendiri kan bagaimana mengerikannya monster anjing ini?

Namun, orang Yunani sangat menghormati serta takut pada anjing liar. Anjing mitos Cerberus adalah contoh apa yang paling ditakuti orang Yunani pada seekor anjing. Hal itu juga menunjukkan rasa hormat yang mereka miliki terhadap kemampuan anjing penjaga.

Akan tetapi, terlepas dari penampilannya yang mengerikan dan posisinya di gerbang dunia bawah, Cerberus ternyata bukanlah makhluk iblis. Ada sisi lain dalam dirinya yang jarang terungkap.

Di atas segalanya, anjing perkasa ini sangatlah setia. Dia sangat mengabdi pada tuannya, Hades. Ketika Hades memutuskan untuk menjadikannya salah satu penjaga dunia bawah, dia juga taat dan melaksanakan tugasnya dengan setia.