Sisi Kelam Sejarah Ninja yang Anggotanya dari Kelas Bawah Jepang

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 22 Juli 2023 | 17:00 WIB
Sejarah Ninja beranggotakan dari masyarakat kelas bawah Jepang. (Artstation)

Nationalgeographic.co.id—Selain buku sejarah, segudang film menggunakan Ninja sebagai pejuang pemimpin jahat untuk menguasai bagian dunianya.

Ninja bukan sosok khayalan. Sejarah ninja di Jepang itu nyata dan dilatih dalam seni kuno Ninjutsu.

Nama ninja mengacu pada sebuah profesi. Berbeda dengan Samurai, anggota dari kelas mana pun dapat bergabung dengan ninja. Kapan dan dimana sejarah ninja pertama kali muncul?

Ninja bukanlah mata-mata pertama yang digunakan oleh para pemimpin militer. Mereka hanyalah kelas mata-mata yang lebih baik. Mereka lebih terlatih, kejam dan jauh lebih mematikan.

Asal-usul mereka sebenarnya diselimuti sejarah. Dikatakan bahwa para jenderal yang melarikan diri dari Dinasti Tang berjalan ke Jepang dan mulai mengajar orang Jepang yang bersedia seni perang Ninja.

Teori lain mengatakan bahwa para biksu Tiongkok membawa rahasia mereka ke Jepang, meskipun tidak diketahui bagaimana mereka akan mempelajari detail seperti itu.

Dikatakan bahwa para biksu mengambil strategi spionase saat mereka melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain selama era Seonaku. 

Sumber Resmi Keberadaan Ninja

Sumber resmi yang berbicara tentang sejarah ninja jarang terjadi. Kemungkinan besar karena kegiatan dan pelatihan Ninja adalah rahasia yang tidak diketahui sembarang orang. Dokumen paling terkenal ditulis di era Edo.

Tiga sumber yang paling diterima untuk keberadaan ninja adalah Bansenshukai atau Mansen Shukai, Ninpiden atau Shinobi Hiden dan Shoninki. 

Dua sumber lain, Shomonki, ditulis kira-kira. pada tahun 940 M, dan Taiheiki, yang ditulis sekitar abad ke-14 Masehi, berbicara tentang kegiatan Ninja.

Selain sumber-sumber itu, setiap penyebutan ninja diturunkan ke catatan keluarga dan sumber non-resmi lainnya.