Dunia Hewan: Orca dan Lumba-lumba telah Melewati Titik Evolusi

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 22 Juli 2023 | 07:30 WIB
Lumba-lumba orca adalah puncak rantai makanan di dunia hewan laut. (slowmotiongli)

Nationalgeographic.co.idLumba-lumba orca adalah predator puncak rantai makanan di lautan.

Tidak ada hewan lain yang memburu lumba-lumba orca di lautan, dan mungkin itu karena mereka telah melewati titik evolusi di dunia hewan.

Sekarang para ilmuwan telah menemukan bahwa lumba-lumba orca, dan keluarga lumba-lumba lainnya telah menjadi mamalia akuatik sepenuhnya.

Saat mamalia menjadi akuatik sepenuhnya, maka ia melewati ambang batas di dunia hewan yang membuat hampir tidak mungkin kembali ke bentang alam terestrial.

Peluang mamalia akuatik—seperti lumba-lumba orca dan lumba-lumba hidung botol - untuk berevolusi untuk hidup di darat lagi hampir tidak ada, sebuah penelitian baru menemukan.

Para peneliti menemukan bahwa adaptasi yang memungkinkan orca ini hidup di air telah melewati ambang evolusi di dunia hewan.

Hal itu yang menandai titik evolusi mereka, dan mereka tidak dapat kembali ke kehidupan darat.

Antara 350 juta dan 400 juta tahun yang lalu, ikan pertama merangkak keluar dari air dan mendarat.

Vertebrata canggung ini memiliki awal anggota tubuh yang memungkinkan mereka untuk menggelinding ke daratan.

Kemudian generasi berikutnya berkembang menjadi spesies tetrapoda yang kita lihat sekarang.

Tetrapoda adalah vertebrata dengan empat kaki dan jari yang berbeda - kelompok yang mencakup amfibi, reptil, dan mamalia. Transisi evolusioner ke alam yang berbeda secara fisik relatif jarang terjadi dalam sejarah kehidupan dunia hewan. Peralihan dari air ke darat diperkirakan hanya terjadi sekali pada vertebrata.

Sementara peralihan darat ke air lebih umum terjadi. Mulai sekitar batas Permian–Trias, beberapa garis keturunan tetrapoda telah berevolusi secara mandiri menjadi bentuk akuatik sepenuhnya, termasuk beberapa predator puncak di alam laut seperti lumba-lumba orca.